Bangun Trotoar, Beri Akses Pejalan Kaki

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan trotoar di terminal Bejen ke utara, Selasa (23/08) pagi.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono  melakukan peletakan batu pertama pembangunan trotoar di terminal Bejen ke utara, Selasa (23/08) pagi.

Karanganyar, Selasa (23/08/2016)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membangun trotoar untuk memberi akses bagi pejalan kaki agar nyaman dan aman. Trotoar itu dibangun sepanjang 1.075 meter, dan pembuatan saluran sepanjang 627,3 meter.

“Lebar trotoar bervariasi dari 100 sentimeter sampai dengan 150 sentimeter. Lebar rata-rata 140 sentimeter, dengan menyesuaikan kondisi eksisting jalan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Karanganyar, Edy Sriyatno.

Trotoar tersebut dibangun dari terminal bejen ke utara (jalan lingkar utara), dengan tinggi kurang lebih 28 sentimeter. Sedangkan pagu anggaran Rp. 1,6 miliar, dengan nilai kontrak Rp. 1,3 miliar.

Sedangkan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 90 hari kalender mulai dari tanggal 1 Agustus 2016 sampai dengan 29 Oktober 2016.

Sebelumnya, pihak DPU Kabupaten Karanganyar telah melakukan sosialisasi kepada SKPD terkait, Forkompincam Karanganyar, Ketua RT/RW lokasi kegiatan serta masyarakat pada hari Selasa, (1/03) di Kelurahan Bejen.

Ditambahkan olehnya, pembangunan drainase dan trotoar ini merupakan salah satu bagian dari penataan kota Kabupaten Karanganyar. Pihaknya juga bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karanganyar sedang merencanakan Green City.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan trotoar tersebut, Selasa (23/08) pagi.

“Dengan adanya trotoar ini, tentu dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pejalan kaki. Saya juga meminta agar fungsi trotoar benar-benar digunakan dengan benar,” kata Bupati.

Selain itu, dia juga meminta agar pemenang lelang pembangunan dapat mengerjakan selesai tepat waktu dan tepat mutu.pd