Karnaval Kemerdekaan Berlangsung Meriah

Karnaval Kemerdekaan untuk memperingati HUT ke 71 Republik Indonesia yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berlangsung dengan meriah
Karnaval Kemerdekaan untuk memperingati HUT ke 71 Republik Indonesia yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berlangsung dengan meriah

Karanganyar, Sabtu (20/08/2016)

Karnaval Kemerdekaan untuk memperingati HUT ke 71 Republik Indonesia yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berlangsung dengan meriah. Sejumlah 103 kelompok peserta menampilkan berbagai kreasi, Jumat (19/08) siang.

“Pesertanya 71 kelompok instansi pemerintah dan 32 lainnya dari sekolah dan elemen masyarakat. Untuk tahun ini, tak ada penilaian penampil terbaik. Meski begitu kami sangat menghargai kesungguhan peserta,” kata Ketua Panitia Karnaval Kemerdekaan Kabupaten Karanganyar tahun 2016, Larmanto.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dengan menunggang kuda, berpakaian ala pejuang kemerdekaan mengibaskan bendera start, tanda karnaval dimulai. Dimulai dari Alun-alun Kabupaten Karanganyar, ratusan peserta melewati Jalan Lawu menuju ke arah timur, hingga melewati Taman Pancasila. Ditempat tersebut, setiap kelompok menampilkan berbagai atraksi di depan Forkopimda Kabupaten Karanganyar dan tamu undangan lainnya.

Pada barisan paling depan Pasukan Pembawa Bendera Merah Putih dari Paskibraka Kabupaten Karanganyar, kemudian dibelakangnya Forkopimda dengan menunggang kuda dan  memakai pakaian pejuang, disusul kelompok-kelompok peserta.

Tak kalah menariknya, ditampilkan pula atraksi menarik dari drumband Akademi Angkatan Udara (AAU) Gita Dirgantara, Yogyakarta. Mereka membentuk berbagai formasi dan gaya hingga membuat terpukau ribuan penonton yang memadati jalan.

Berbagai kreasi ditampilkan setiap kelompok peserta. Ada yang bertema pejuang kemerdekaan, pakaian daerah, anak sekolah, hasil bumi dari desa, reog dan kesenian lokal.

Sebelumnya, Kamis (18/08) telah dilangsungkan Karnaval di 16 Kecamatan, dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Bupati Karanganyar melihat langsung pelaksanaan di Kecamatan Jatiyoso, Jatipuro, dan Jumapolo.pd