Tingkatkan Swasembada Beras, Petani Diberi Alat Pertanian

Bupati Karanganyar, Juliyatmono (berjaket hitam) saat mengemudikan traktor 4 roda di areal persawahan Dusun Sanggrahan, Desa Suruhkalang, Kecamatan Jaten.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono (berjaket hitam) saat mengemudikan traktor 4 roda di areal persawahan Dusun Sanggrahan, Desa Suruhkalang, Kecamatan Jaten.

Karanganyar, Selasa (09/08/2016)

Pemerintah Pusat memberikan bantuan kepada petani di Kabupaten Karanganyar berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) guna meningkatkan swasembada beras di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Melalui APBN Tahun 2016 telah diberikankan bantuan hibah kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar berupa traktor roda empat sebanyak satu unit. Traktor roda dua sebanyak 66 unit.

“Ada juga pompa air sebanyak 70 unit, kendaraan roda 3 untuk peternakan sebanyak satu unit, dan handspayer sebanyak 235 unit,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan, Kabupaten Karanganyar, Supramnaryo.

Dia juga menjelaskan, hasill pertanian di lahan seluas 23 ribu hektar di Kabupaten Karanganyar bisa diandalkan dengan menyumbang ketahanan pangan nasional. Tahun 2015, surplus 3 ribu ton dan tahun ini diperkirakan melebihi.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo memberikan secara langsung dan simbolis kepada perwakilan penerima di area persawahan Dusun Sangrahan, Desa Suruhkalang, Kecamatan Jaten, Senin (09/08) pagi.

Bupati Juliyatmono menjelaskan dengan adanya mekanisasi pertanian terbukti efektif membantu petani bercocok tanam daripada secara tradisional. Petani juga diminta untuk bisa mengoperasikan alsintan sehingga tidak terlalu bergantung operator.

“Dengan adanya alsintan ini diharapkan, menyederhanakan proses bercocok tanam. Bantuan ini  jangan dijual, tapi dikelola dengan baik bantuan dari Pemerintah Pusat ini,” kata Bupati Karanganyar.pd