Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas serta plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPASP) TA 2016 Kab. Karanganyar

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan pada Rapat Paripurna bahwa tahun 2016 berfokus pada pembangunan tahunan “PENGUATAN INFRASTRUKTUR EKONOMI KERAKYATAN dan PELAYANAN DASAR” meruapakan tahun ke tiga dalam pelaksanaan pemerintahan di Kab. Karanganyar, Selasa (02/8/2016) di Gedung Paripurna Kantor DPRD Karanganyar.

Pemerintah telah melaksanakan pembangunan, beberapa prestasi dan penigkatan telah dicapai, yang paling membanggakan adalah adanya penilaian BPK terhadap Kinerja Pemerintahan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua tahun terakhir yaitu 2014 dan 2015.

“Meskipun tidak dipungkiri masih ada beberapa permasalahan atau issue-issue strategis pembanguan,” ujar Juliyatmono dihadapan Dewan.

kominfo
Penandatangan Bersama PPASP Perubahan APBD TA.2016 : Bupati Karanganyar, Juliyatmono (kedua dari kiri), Wakil Bupati, Rohadi Widodo (kiri) bersama Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, Wakil Ketua I, Cahyo Setiyono, Wakil Ketua II, Warsini dan wakil Ketua III, Ade Eliana, Selasa (02/8/2016)

Ia mengatakan berbagai dinamika baik pada tingkat domestik, nasional maupun global dapat ,menjadi tantangan dan hambatan dalam pencapaian sasaran-sasaran pembangunan yang telah ditetapkan.

Tingkat capaian pelaksanaan kegiatan yang secara nasional regional dan lokal yang belum maksimal, menjadi tantangan bagi Pemerintah untuk melakukan percepatan.

“Belum lagi permasalahan infrastrukutr, kemiskinan, pengangguran, pemberdayaan masyarakat dan kelestarian lingkungan termasuk didalamnya perubahan iklim global, masih harus terus diupayakan penyelesaiannya atau antisipasinya,”tutur Bupati.

Selanjutnya Penjelasan terhadap Rancangan Kebijakan Umum Perubahan dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD Tahun 2016 sebagai berikut :

  1. Dengan tema “ Penguatan Infrastruktur Ekonomi Kerakyatan dan Pelayanan Dasar”. Fokus ini mengarahkan konsentrasi pembangunan pada penyiapan infrastruktur pendukung pertumbuhan ekonomi dan pelayanan dasar.
  2. Memperhatikan begitu banyaknya kebutuhan dan rencana kegiatan pembangunan, serta terbatsnya kemampuan pendanaan, maka Pemerintah harus membuat prioritas program dan kegiatan yang harus dibiayai diperubahan tahun 2016 ini.
  3. Dalam perubahan tahun 2016 ini, telah kita sepakati beberapa kagiatan yang dianggarkan mendahului perubahan. Hal tersebut tentunya mengakibatkan pada tambahan perubahan ini hanya tersedia dana yang tidak besar, apalgi tidak ada tambahan pendapatan yang berskala dari Dana Perimbangan dari Pemerintah Pusat.
  4. Meskipun demikian prioritas program kegiatan harus disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhandaerah, dan disusun dengan mempertimbangkan dokumen perencanaan RPJMD Kab. Karanganyar, RKPD dan Dokumen Perencanaan lainnya, serta mempertimbangkan realisasi pembangunan tahun 2015, dan perkiraan capaian tahun 2016.

Demikian Dishubkominfo (ad/ind/rk)