Siap Bertolak Ke Tanah Suci, 471 Calhaj Karanganyar Jaga Kesehatan Fisik

kominfo
Bupati Karanganyar memberikan sambutan saat pembukaan Manasik Haji Kab Karanganyar Tahun 2016, Gedung Wanita (26/7)

Bupati Karanganyar, Juliyatmono pada pembukaan manasik haji menghimbau kepada seluruh jama’ah Calon Haji Kab. Karanganyar yang berjumlah 471 orang untuk selalu menjaga kesehatan fisik guna kelancaran ibadah haji, Selasa (26/07/2016) di Gedung Wanita Karanganyar.

“Semoga dengan adanya manasik dapat memberikan banyak manfaat dan menumbuhkan kekompakan bagi jama’ah calon haji khususnya Kab. Karanganyar. Ada dua hal penting yang ingin saya sampaikan pada para jama’ah, yakni untuk selalu jaga kesehatan fisik dan berdo’alah selalu di tanah suci,” pesannya.

Ditambahkannya bahwa penyelenggaraan kegiatan manasik haji ini merupakan wujud perhatian Pemerintah kepada jama’ah calon haji Karanganyar.

“Untuk memuliakan tamu allah SWT, semoga selalu diberikan kesehatan, keselamatan sampai kembalinya lagi ke tanah air,”tutur Bupati.

Sementara itu, laporan Kepala Bagian Kesra Setda Karanganyar, Sugeng Raharto mengatakan, keseluruhan jama’ah calon haji Kab. Karanganyar berjumlah 471 jama’ah. Yang terbagi menjadi dua kloter yakni kloter 20 berjumlah 355 jama’ah dan kloter 56 berjumlah 116 jama’ah.

Ia juga menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan manasik haji ini adalah untuk mempermudah calon haji memahami ibadah haji secara teoritis dan praktis sehingga diharapkan dapat memandu jama’ah dengan baik , lancar, tertib dan menjadikan kemabruran haji jama’ah.

“Kloter 20, jama’ah calhaj akan diberangkatkan Tanggal 15 Agustus 2016, pukul 21.00 WIB sudah masuk di asrama haji Donohudan sedangkan kloter 56 akan berangkat Tanggal 30 Agustus 2016 pukul 07.00 WIB. Dan untuk pamitan haji akan dilaksanakan pada Tanggal 9 Agustus 2016 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar,” jelas Kabag Kesra.

Rencana pelaksanaan latihan manasik haji akan dimulai besok, Rabu (27/07/2016) di Edupark dilanjutkan Kamis (27/07/2016) di Masjid Agung Karanganyar untuk latihan miqot, thowaf, sai, wukuf arofah, lempar jumroh mina.

Pada kesempatan tersebut, petugas Haji untuk bidang kesehatan, dr. Partini menghimbau kepada seluruh jama’ah calhaj yang siap berangkat untuk selalu menjaga kesehatan karena tahun 2016 ini di tanah suci akan bertepatan dengan musim panas yang diprediksi mencapai 52 derajat celcius.

Untuk Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) Karanganyar ada tiga orang yakni H. Sriyanto (Kemenag), Hj. Siti Sofyah (Dinas Peternakan) dan Anung Purwoko (Dewan). Demikian Dishubkominfo (ad/ind)