Festival Pramuka Ramaikan Sondokoro

kominfo

Pengguntingan pita oleh Dandim 0727 Karanganyar dan Ka Kwartir Karanganyar menandai PPLB dimulai, Rabu Pagi (27/7)

Pertemuan Pramuka Luar Biasa (PPLB) Kwartir Cabang Gerakan pramuka Kab. Karanganyar yang diselenggarakan 2016 ini merupakan ajang pertemuan peserta didik untuk pramuka keterbutuhan khusus (SLB). Kegiatan dibuka dengan Upacara PPLB dengan Pembina upacara Samsi selaku Sekretaris Daerah Karanganyar sekaligus Ketua Kwarcab Karanganyar, Rabu pagi (27/07/2016) di lapangan tenis Sondokoro, Tasikmadu.

Amanah upacara diisi dengan dibacakannya sambutan Bupati Karanganyar oleh Samsi, disampaikan bahwa anggota pramuka yang memiliki kebutuhan dalam mengikuti upacara pembukaan PPLB merupakan bentuk pembuktian para penyandang disabilitas mampu mandiri dan berprestasi. Kegiatan pembukaan PPLB ini menjadi ajang potensi untuk anak keterbutuhan khusus dalam berketerampilan, kemandirian sekaligus melatih kepercayaan diri untuk tampil dihadapan banyak orang yang berprestasi.

Bupati Karanganyar juga berharap agar anak-anak anggota pramuka disabilitas ini dapat berkontribusi bagi bangsa melalui kegiatan pranuka, menumbuhkan rasa kebersamaan dan kemandirian malalui PPLB ini.

“Keterbatasan tidaklah menjadi kendala bagi kalian, namun dengan jiwa semangat dapat memotivasi untuk terus berupaya melakukan apa yang terbaik mengukir prestasi, tunjukan pada dunia bahwa kalian mampu dan bisa mengukir prestasi dan harumkan nama bangsa ini,” jelas Samsi saat membacakan sambutan dari Bupati Karanganyar.

Ketua panitia penyelenggara, Harjono melaporkan bahwa tujuan PPLB ini untuk mencari minat dan bakat anak-anak sejak dini dalam kegiatan persahabatan dalam ajang prestasi untuk mengikuti pertemuan Gugus Depan PLB tingkat Kabupaten Karanganyar tahun 2016 sekaligus melatih sikap disiplin dan bertanggung jawab baik dalam diri sendiri maupun masyarakat luas.

“Sasarannya bagi peserta adalah mengembangkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka dan kegiatan pertemuan Gugus Depan PLB, sedangkan bagi Pembina dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dalam membina pramuka siaga dan penggalang di Gugus depannya,” terang Harjono.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan perlombaan diantaranya lomba bola bowling, lomba estafet hola hop, lomba fashion show, lomba mewarnai, lomba lempar gelang dan lomba keagamaan (tata cara ber wudhu) yang diikuti kurang lebih 28 SLB se Kabupaten Karanganyar. Demikian dishubkominfo (ad/ind/rk)