Kemah Kebangsaan Wujud Kerukunan Umat Beragama

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengalungkan tanda peserta Kemah Kebangsaan tahun 2016, Rabu (20/07) di Lapangan Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengalungkan tanda peserta Kemah Kebangsaan tahun 2016, Rabu (20/07) di Lapangan Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso.

Karanganyar, Kamis (21/07/2016)

Cermin kerukunan umat beragama di Kabupaten Karanganyar terwujud di Kemah Kebangsaan, dengan berkumpulnya antar pemeluk agama dalam satu tenda.

Di tenda itu, pemeluk agama Islam, Katholik, Kristen, Budha, dan Hindu beraktivitas dalam satu tenda. Mereka juga saling berdiskusi, dan mengikuti kegiatan ceramah dari pemateri yang telah di jadwalkan.

Penyelenggaraan kemah kebangsaan tahun ini merupakan tahun ketiga. Untuk pertama kali diadakan tahun 2014 di Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, tahun 2015 di Camping Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Kemudian tahun 2016 diadakan di Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso.

“Kemah kebangsaan ini diikuti sebanyak 187 orang masing masing pemeluk agama dan juga pramuka. Setiap kecamatan mengirimkan peserta 11 orang,” kata Ketua Panitia, Siti Maesyaroch, Rabu (20/07) di sela acara pembukaan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Siti Maesyaroch juga menjelaskan semua peserta mengikuti berbagai kegiatan yang terdiri ceramah, outbond, bhakti sosial dari Rabu hingga Jumat (20-22/07).

Bupati Karanganyar saat pembukaan acara mengatakan, membangun generasi yang berkarakter dapat menyelamatakan semua kegiatan pembangunan. Melalui kemah kebangsaan ini adalah membangun masa depan yang sesunggunnya dengan menjaga kerukunan umat beragama.

“Mari kita jaga keberagaman dengan baik. Di dunia ini tidak ada kesamaan, namun dengan adanya perbedaan akan munculkan ide dan dapat melengkapi atas kekerungan,” kata Bupati.

Dia juga mengharapkan semoga kemah kebangasaan ini menjadi inspirasi siapapun, bahwa ini sebagai implementasi nilai nilai Pancasila. “Keberagaman yang terjaga dengan baik akan menjadi benteng yang kuat untuk pertahanan dan keamanan wilayah,” kata Bupati. pd