Difabel dan Wirausaha Diberi Bantuan

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penyandang difabell dan wirausaha.
Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penyandang difabel dan wirausaha.

Karanganyar, Kamis (20/07/2016)

Penyandang difabel dan wirausaha di Kabupaten Karanganyar menerima bantuan yang bersumber dari APBN dan APBD tahun 2016. Sebelumnya, 55 orang tersebut menerima pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bangsri, Karangpandan, antara bulan Juni dan Juli tahun 2016.

Dari 55 orang tersebut terdiri dari pelatihan pembentukan wirausaha mandiri diikuti sejumlah 25 orang pada kejuruan menjahit dan kejuruan pengolahan hasil pertanian. Sedangkan 10 orang mengikuti pelatihan peningkatan manajemen wirausaha baru dengan kejuruan pertukangan kayu.

Sedangkan untuk pemberdayaan tenaga kerja disabilitas sejumlah 20 orang terdiri dari menjahit dan perbengkelan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk  membekali pengetahuan dan ketrampilan baik manajemen maupun teknis bagi para peserta pelatihan dalam mengelola usaha,” kata Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Karanganyar, Agus Heri Bindarto, Rabu (20/07) seusai acara pemberian bantuan di Aula Kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Karanganyar.

Peserta manajemen wirausaha baru dan wirausaha mandiri setelah mengikuti pelatihan diberikan bantuan sarana usaha berupa peralatan pendukung sesuai jenis usaha masing masing.

“Ada mesin jahit, alat pemarut singkong, alat pelecet kedelai, alat pertukangan, dan perbengkelan,” kata Agus Heri Bindarto.

Ditempat yang sama, seusai menyerahkan bantuan, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo meminta penerima bantuan dapat mengaplikasikan setelah menerima pelatihan.

“Bantuan ini jangan dijual, dan tidak dialih tangankan tapi gunakanlah semaksimal mungkin. Biar nanti kesejahteraan meningkat. Tekun berusaha dan berkarya, nanti akan menjadi sukses ” kata Wakil Bupati. pd