Kemen Kominfo Tak Akan Blokir Pokemon-Go

IMG_6548

Karanganyar, Minggu (17/07/2016)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) RI menyatakan tidak akan memblokir game Pokemon-Go. Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas Kemen Kominfo, Ismail Cawidu saat melakukan kunjungan di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Karanganyar, Jumat (15/07) lalu.

Alasannya, game yang sedang digandrungi oleh masyarakat itu merupakan perpaduan teknologi informasi dan kreativitas. Tidak hanya itu, pihaknya tidak menemukan hal yang melanggar aturan yang ada. “Jadi, tidak akan kami blokir,” kata dia.

Lebih lanjut, Ismail mengungkapkan aplikasi game itu tidak merusak tatanan di masyarakat. Soal pro dan kontra mengenai permainan itu, hal itu adalah hal yang biasa. Namun, pihaknya juga mengingatkan masyarakat yang menggunakan aplikasi itu untuk membuat batasan sendiri. Apalagi, game itu mewajibkan para pemainnya untuk berjalan-jalan gamer untuk menangkap monster virtual di wilayah jangkauan sistem pemosisi global (GPS).

Di wilayah Kabupaten Karanganyar, pokestop berada di air mancur depan rumah dinas bupati, musala Dompon, GKJ Santo Pius X, kompleks perkantoran Cangakan dan lain sebagainya. Sedangkan Gym berada di Taman Pancasila dan Alun-alun Karanganyar.

“Yang kita inginkan adalah pengguna dari game itu tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan dan masuk ke pekarangan orang tanpa permisi,” katanya. pd