95 Mahasiswa KKN Siap Mengabdi di Bumi IntanPari

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat mengalungkan tanda peserta KKN UGM dan USB Surakarta, Selasa (28/06) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat mengalungkan tanda peserta KKN UGM dan USB Surakarta, Selasa (28/06) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Selasa pagi (28/06/2016) bertempat di Pendopo Rumdin, Bupati Karanganyar, Juliyatmono bersama Wakil Bupati, Rohadi Widodo didampingi Kepala Bappeda Karanganyar menerima langsung Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari dua Perguruan Tinggi yang berbeda yakni Universitas Setia Budi (USB) Surakarta dan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta.

Pada kegiatan tersebut, sambutan masing-masing Perguruan Tinggi, Dr. Ir. Djoni Tariga, MBA selaku Rektor USB mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Karanganyar beserta jajaran yang berkenan menerima mahasiswa untuk melakukan kuliah kerja nyata di Kecamatan Gondangrejo dan Kecamatan Karanganyar.

“ ini kali pertama, mahasiswa kami dari Universitas Setia Budi melakukan KKN dan diterima langsung oleh Bupati, kebanggaan dan rasa terima kasih bagi kami. KKN ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya, selain untuk penelitian sekaligus sebagai pengabdian masyarakat,” katanya.

Ia berharap hasil dari KKN nantinya berjalan lancar dan dapat diimplementasikan sebagai bekal hidup nyata di masyarakat.

“Kegiatan KKN yang akan dilakukan oleh mahasiswa kami meliputi penyuluhan, pendidikan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an terlebih ini di bulan Ramadhan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya dan bagi maasiswa kami untuk selalu menjaga almamater kampus, jaga selalu sikap selama KKN,” pesannya.

Sebanyak 65 mahasiswa KKN USB jurusan farmasi akan dibagi menjadi dua yakni 55 orang akan bertempat di Desa Plesungan Kecamatan Gondangrejo dan 10 orangnya sisanya di Kecamatan Karanganyar.

Sedangkan sejumlah 30 mahasiswa UGM dari berbagai fakultas akan melakukan KKN di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso selama dua bulan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Wahyo Wilopo ST, M. Eng selaku Dosen pembimbing lapangan.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono menekankan bahwa mahasiswa-mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata ini merupakan agen penggerak perubahan yang harus berfikir konstruktif untuk membangun perubahan baru.

“ Saya ucapkan selamat datang pada adik-adik mahasiswa KKN di Karanganyar. Mulai tahun 2015 memang harus saya terima sendiri minimal Wakil Bupati, tentunya ada pertimbangan, karena saya ingin membangkitkan rasa nyaman dan terlindungi saat mahasiswa melaksanakan KKN di Bumi Intanpari.

Selain mengabdi pada masyarakat juga harus dapat mempengaruhi orang-orang tua di Desa melalui ilmu pengetahuan karena kalian merupakan agen perubahan untuk kedepan lebih baik,” terang Juliyatmono saat memberikan motivasinya dihadapan mahasiswa KKN.

Demikian Dishubkominfo Karanganyar (ind)