Sidak Daging, Tak Temukan Daging Tidak Layak Konsumsi

Petugas (tengah) saat memeriksa kandungan air di dalam daging ayam, saat sidak di pasar Palur, Kecamatan Jaten (22/06)
Petugas (tengah) saat memeriksa kandungan air di dalam daging ayam, saat sidak di pasar Palur, Kecamatan Jaten (22/06)

Karanganyar, Kamis (23/06/2016)

Tim inspeksi mendadak (Sidak) gabungan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi (Disnakkeswan) Jawa Tengah dan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karanganyar, tidak menemukan daging yang tidak layak konsumsi, Rabu (22/06).

Sidak gabungan itu menyisir tempat jualan pedagang daging sapi, ayam dan ikan di Pasar Palur, Kecamatan Jaten. Satu per satu, lapak jualan didatangi petugas untuk diperiksa kandungan pH di dalam daging dengan mengunakan alat.

Staf Bidang Keswan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar, Fathurrahman, mengatakan petugas masih menoleransi kualitas daging meski kandungan airnya berlebih.

“Hasilnya tadi daging masih layak dikonsumsi, karena kandungan pH air di bawah 6. Namun tadi ada sedikit pedagang yang menjual di batas  6. Normalnya pH 5,4 sampai 5,8 ,” kata Fathurrahman, seusai sidak.

Biasanya ayam, lanjutnya, dicelup ke dalam air kemudian disajikan, ketika sudah kering, ayam kembali di celup agar terlihat segar dan cerah. Jika sering dicelup dalam dua sampai tiga hari daging menjadi menghitam.

“Hal itu tidak boleh, karena justru menabah bobot daging. Justru daging kering dapat awet tahan lama,” katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kasi Pengujian Bahan Asal Hewan Balai Pelayanan Kesehatan Masyarakat Veteriner Disnakkeswan Jawa Tengah, Haryono, meminta agar para pedagang menjaga kebersihan diri dan tempat jualan.

“Kantung plastiknya sebaiknya yang bening. Jangan berwarna hitam karena bisa mengontaminasi daging. Jerohan dengan daging jangan dicampur. Dikhawatirkan, air tirisan jerohan yang penuh bakteri itu masuk ke daging,” katanya.

Selain itu, Haryono, meminta para pedagang untuk sering menganti celemek agar terlihat bersih, dan jangan untuk dipakai lap tangan. Dia meminta juga untuk menyediakan sendiri  kondisi lap bersih, dan air cuci tangan.pd