Jalan Tol di Karanganyar Siap Digunakan Arus Mudik-Balik

Polres Karanganyar melihat kesiapan jalan tol yang melintasi Kabupaten Karanganyar, untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun 2016, Rabu (22/06) pagi.

Polres Karanganyar melihat kesiapan jalan tol yang melintasi Kabupaten Karanganyar, untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun 2016, Rabu (22/06) pagi.

Karanganyar, Rabu (22/06/2016)

Jalan tol cor beton yang melintasi Kabupaten Karanganyar dari Desa Klodran, Kecamatan Colomadu hingga Desa Kemiri Kecamatan Kebak kramat, siap digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran tahun 2016.

Pejabat Humas dari PT Waskita Karya, Sarjani, mengatakan kesiapan jalan tol tersebut hampir selesai, tinggal menyisakan penyelesaian akhir.

“H-7 hingga H+7 lebaran tahun 2016, jalan tol ini dapat dilewati kendaraan  roda empat, setelah itu akan ditutup kembali untuk pengerjaan selanjutnya,” kata Sarjani, saat dijumpai di tol Kemiri, Kecamatan Kebak kramat, Rabu (22/06) pagi.

Sarjani juga menjelaskan, namun untuk bis dan kendaraan berat lainnya tidak diperbolehkan lewat dulu, karena masih ada jalan yang bersifat sementara (temporari), sepanjang 3,9 Kilometer yang menyebar antara Klodran-Pungkruk.

Ditempat yang sama, Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, saat meninjau langsung kesiapan jalan tol untuk arus mudik-balik, menuturkan pengemudi diminta hati-hati, karena ada jalan yang menyempit dan masih bersifat sementara.

“Jalan tol ini nanti saat dibuka H-7 hanya bisa dilewati satu jalur, begitu pula H+7 saat arus balik. Dibuka dari pukul 06.00-17.00 WIB,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar.

Jalan fungsional itu terdapat pintu masuk berada di Desa Klodran, sedangkan pintu keluar ada di Pungkruk, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen.

Dia juga menjelaskan, pada saat arus balik, pemudik dengan kendaraan pribadi dapat masuk lewat pintu tol Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen atau pintu tol Desa Kebak, Kecamatan Kebak kramat, Kabupaten Karanganyar.

“Batas kecepatan maksimal mobil 40 kilometer/ jam. Untuk kendaraan roda dua tidak boleh masuk lewat jalan tol” katanya.pd