Razia Gabungan Kembali Temukan Roti Berjamur

Petugas dari Satpol PP Kabupaten Karanganyar, memeriksa tanggal kadaluwarsa makanan di swalayan, Senin (20/06).
Petugas dari Satpol PP Kabupaten Karanganyar, memeriksa tanggal kadaluwarsa makanan di swalayan, Senin (20/06).

Karanganyar, Selasa (21/06/2016)

Inspeksi mendadak (sidak) oleh Tim Gabungan menemunkan makanan dan minuman yang sudah kadaluwarsa, dan bahkan berjamur di beberapa swalayan di Kabupaten Karanganyar.

Tim Gabungan dari personel Satreskrim Polres Karanganyar, Satpol PP, Disperindagkop UMKM dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) memeriksa tanggal kedaluwarsa dan keutuhan kemasan.

Dari hasil penyisiran, ditemukan roti basah yang kondisinya sudah berjamur. Selain itu juga ditemukan beberapa produk kemasan yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

Makanan dan minuman tak layak konsumsi itu kemudian diambil sampel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Disperindagkop dan UMKM, Wiji Suparmanto mengatakan, konsumen harus lebih cermat saat membeli, produk makanan atau minuman dalam kemasan tidak ada kejelasan kapan diproduksi dan kapan kedaluwarsanya

“Yang dirugikan adalah konsumen, karena produk makanan atau minuman itu sudah tidak layak konsumsi,” katanya, disela sidak.

Ditempat yang sama, Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Rohmat Ashari, mengatakan, peredaran makanan dan minuman tak layak konsumsi harus diantisipasi, karena tingkat konsumsi masyarakat menjelang Lebaran cenderung naik.

“Razia ini dalam rangka penegakan UU Perlindungan Konsumen, agar masyarakat tidak dirugikan,” tuturnya.pd