Pemkab Karanganyar Berikan Bansos RTLH

Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat memberikan bantuan sosial RTLH secara simbolis, Senin (30/05) pagi, di Gedung DPRD Karanganyar

Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat memberikan bantuan sosial RTLH secara simbolis, Senin (30/05) pagi, di Gedung DPRD Karanganyar

Karanganyar, Selasa (31/05/2016)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memberikan Bantuan Sosial untuk Pemugaran Perumahan dan Pemukiman Pedesaan Tahun 2016, dengan biaya bersumber dari APBD Kabupaten Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memberikan secara simbolis kepada penerima, di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar, Senin (30/05) pagi.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Kabupaten Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat, menuturkan tahun 2016 ini diberikan bantuan kepada 200 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Setiap penerima memperoleh bantuan sebesar Rp. 8 juta, tersebar di 42 Desa/Kelurahan, di 15 Kecamatan,” jelas Utomo Sidi Hidayat, ditempat yang sama.

Dia juga menjelaskan, kegiatan diusulkan dan dilaksanankan oleh Masyarakat/Kelompok Masyarakat dengan swakelola dan dikerjakan secara  Gotong Royong (tidak boleh di borongkan).

“Kegiatan ini pada dasarnya merupakan stimulan atau dorongan bagi masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa memperbaiki rumahnya yang belum layak huni sehingga menjadi hunian yang layak, sehat dan nyaman,” katanya.

Bupati Juliyatmono pada kesempatan itu dihadapan penerima bantuan mengatakan supaya disebut rumah sehat, minimal dinding terbuat dari batu bata, lantai plester, dan ada jamban.

“Rumah sehat, bersih, jangan sampai ada lantai tanah, nanti jadi sakit, kena paru-paru basah,” kata Bupati.

Bupati juga mengatakan kalau ada apa-apa dalam pembangunan RTLH, keluh kesah sama Lurah/Kades, dan bayan, nanti di musyawarahkan dengan baik untuk dicarikan solusinya.pd