Kena Tilang, Diberi Kultum Dai Kamtibmas

Dai Kamtibmas memberikan ceramah kepada pelanggar lalu lintas kena tilang, Selasa (24/05)

Dai Kamtibmas memberikan ceramah kepada pelanggar lalu lintas terkena tilang, Selasa (24/05)

Karanganyar, Rabu (25/05/2016)

Bagi pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran dan dikenai surat tilang, di berikan ceramah kultum oleh Dai Kamtibmas sambil menunggu selesainya proses administrasi.

Belasan polisi Polres Karanganyar menghentikan, memeriksa surat-surat kendaraan, dan  melihat kelengkapan spesifikasi motor.

Selama satu jam Operasi Patuh Candi 2016 di depan Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (24/05) pagi terdapat 65 pelanggaran dari pengendara sepeda motor. Mereka tak mampu menunjukan kelengkapan surat-surat kendaraan dan pelanggaran kasat mata yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Kemudian, bagi pelanggar, diminta duduk untuk mendengarakan ceramah dari tiga Dai Kamtibmas. Penceramah menganjurkan kepada mereka agar tidak merugikan orang lain.

“Pentingnya tertib berlalu lintas dalam perspektif agama. Agama mengatur semua aspek termasuk tata tertib lalu lintas. Dalil yang mendukung banyak. Salah satunya tidak boleh mencelakai diri sendiri dan orang lain,” kata Ketua Dai Kamtibmas, Ustadz Hadfidzi.

Sementara itu ditempat yang sama, Kasat Lantas, Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, SIK mengatakan pihaknya mendapatkan dukungan dengan melibatkan dai kamtibmas untuk memberikan nasehat-nasehat tertib berlalu lintas.pd