Karanganyar Peringati Harkitnas Ke-108

kominfo

Bupati Karanganyar, Juliyatmono sebagai Irup pada Upacara Peringatan Harkitnas ke-108 Kab. Karanganyar, Jum’at pagi (20/5/2016).

Karanganyar, Jum’at 20 Mei 2016

Bertempat di halaman Kantor Sekretariat Daerah Karanganyar, Jum’at pagi (20/05) sejumlah PNS, Gerakan Organisasi Wanita, Bhayangkari, Persit, Dishub, Satpol PP, Polri, Mahasiswa serta Pelajar dilingkungan Karanganyar mengikuti Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 .

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Pemimpin Upacara, Iptu.Sutarno Polres Karanganyar.

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara yang dibacakan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan bahwa Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter” tema yang diangkat untuk peringatan Kebangkitan Nasional tahun 2016 ini. Dengan tema ini kita ingin menunjukkan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.

Kerja nyata kemandirian dan karakter kita semua terpusat pada pemahaman bahwa saat ini kita dihadapkan dalam kompetisi global. Persaingan bukan lagi muncul dari tetangga-tetangga di sekitar lingkungan kita saja, sebaliknya justru inilah saat paling tepat bagi kita untuk bahu membahu bersama sesama anak bangsa untuk memenangkan persaingan-persaingan pada aras global, karena lawan tanding kita semakin hari semakin muncul dari seantero penjuru dunia. Sebagai satu kesatuan, mau tidak mau kita harus bangkit untuk menjadi bangsa yang kompetitif dalam persaingan pada tingkat global tersebut.

Pada aspek-aspek kerja nyata, kemandirian dan karakter kitalah terletak kunci untuk memenangkannya. Kita bukan saatnya lagi mengedepankan hal-hal sekedar pengembangan wacana yang sifatnya seremonial dan tidak produktif. Kini saatnya bekerja nyata mandiri dengan cara-cara baru penuh inisiatif, bukan hanya mempertahankan dan membenarkan cara-cara lama sebagaimana yang telah dipraktikkan selama ini. Hanya karena telah menjadi kebiasaan sehari-hari, bukan berarti sesuatu telah benar dan bermanfaat. Kita harus membiasakan yang benar dan bukan sekedar membenarkan yang biasa.

Usai pelaksanaan Upacara Harkitnas dilangsungkan penyerahan penghargaan TOP BUMD tingkat Nasional kategori TOP BUMD 2016, TOP BPR 2016, TOP CEO BUMD 2016, TOP Pembina BUMD Award 2016. Dilanjutkan penyerahan Kendaraan Dinas Operasional Patroli Suzuki APV No Pol AD 9582 BF bantuan DAK(Dana Alokasi Khusus) sarana Prasarana Satuan Polisi Pamong Praja, Kementerian Dalam Negeri RI Tahun 2016 serta penyerahan hadiah Grand Price undian Tabungan Bima Periode II untuk wilayah Jateng berupa 1 (satu) unit Toyota Fortuner.

Peringatan Harkitnas kali ini dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan diantaranya Kirab Wayang Semar, Festival gelar Dalang Cilik, Sarasehan Budaya dan Pagelaran Wayang Kulit.

Dishubkominfo Karanganyar (ad/ind)