Pedagang Diminta Tolak Tawaran Rokok Ilegal

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Penggunaan Cukai Rokok, Selasa (17/05) pagi.
Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Penggunaan Cukai Rokok Bagi Aparat Desa, Tokoh Masyarakat, dan Pedagang, Selasa (17/05) pagi.

Karanganyar, Selasa (17/05/2016)

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karanganyar menghimbau kepada pedagang untuk menolak tawaran jika ada orang yang menawarkan rokok tanpa pita atau cukai palsu.

Saat Sosialisasi Penggunaan Cukai Rokok bagi aparat desa, tokoh masyarakat, dan pedagang di Gedung PGRI, Cangakan, Selasa (17/05) pagi. Kepala Satpol PP Kabupaten Karanganyar, Kurniadi Maulato, menuturkan peredaran cukai rokok ilegal diketahui bahwa masyarakat yang banyak bersingunggan dengan hal tersebut adalah pemilik toko, kios dan warung di desa-desa.

“Biasanya mereka ditempat tersebut menjadi sasaran penjualan rokok nakal yang tidak menggunakan pita cukai asli atau ilegal,” kata Kurniadi Maulato.

Di Kabupaten Karanganyar lanjutnya, dalam upaya penegakan Peraturan Daerah dilakukan melalui upaya Pre Emtif yakni upaya dini, Preventif dengan tindakan pencegahan, dan Represif Non Yustiosial dan Pro Yustisi.

Kurniadi juga menuturkan dari hasil sosialisasi ini diharapkan peran serta aktif masyarakat untuk menolak tawaran rokok ilegal, serta melaporkan ke Kantor Bea Cukai jika menemukan oknum yang sengaja menjual produk rokok tidak sesuai ketentuan.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, mengatakan agar masyarakat untuk tidak melakukan perdagangan rokok tanpa pita cukai atau cukai palsu.

“Kepada masyarakat jangan sampai membeli rokok palsu, menerima dan  menjual rokok dengan cukai palsu, dan cukai kadaluwarsa,” katanya.

Sosialisasi yang berlangsung selama setengah hari itu, mengundang narasumeber dari Kantor Bea dan Cukai Surakarta, Bagian Hukum Setda Kabupaten Karanganyar, Satpol PP Karanganyar, dan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Karanganyar.pd