Jumok Berseri Karena Kolaborasi

Salah satu desa yang mendapatkan kolaborasi kegiatan Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) adalah Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten karanganyar yang terletak di RT/RW. 02-03/VIII dusun Jumog.

Dusun Jumog mendapat Kolaborasi disebabkan permukimannya yang terlalu padat sehingga mengakibatkan adanya tempat pembuangan sampah, kotoran hewan yang tidak teratur,  masyarakat Buang Air Besar (BAB) ke sungai, selokan yang sering mampet dan mengakibatkan banjir, jalan yang masih berupa tanah sehingga becek pada waktu hujan, lingkungan yang tampak kotor dan tidak tertata serta banyak jalan yang rusak. Menurut Bambang (55), sebagian rumah warga tidak layak huni.

1    2

PESERTA – Warga Dusun Jumog sedang mengadakan pertemuan untukmembahas rencana pembangunan jalan paving.

Kemudian pada suatu hari ada survey dari Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Jawa Tengah yang kemudian di tindak lanjuti oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Karanganyar yang didampingi faskel tim 002 Kecamatan jaten. Setelah disurvey oleh DPU, BKM Handono Mulyo menyusun data awal dengan mengadakan survey dari rumah kerumah. Lalu, masyarakat  mengadakan pertemuan antara BKM HandonoMulyo dengan warga RT/RW. 02-03/VIII dan pengurus  RW VIII beserta tokoh masyarakat untuk membahas tindak lanjut yaitu menyusun data usulan masyarkat dari  permasalahan yang ada, membuat peta masalah dan selanjutnya membuat baseline yang didampingi tim BKM dan Faskel.

Selanjutnya masyarakat Dusun Jumog Desa Jaten membentuk KSM, yang di beri nama KSM RAPI dengan ketua Bapak Bambang Sanyoto. Adapun usulan yang diajukan adalah jenis kegiatan Jalan Paving yang berlokasi di Dusun Jumog RT/RW. 02-03/VIII dengan volume 408 m dan biaya APBN Rp.64.000.000,- swadaya Rp.7.100.000,-

Tujuan dibangunnya jalan paving  agar  masyarakat dapat merubah perilaku hidup bersih dan hidup sehat. Setelah dibangun jalan paving tersebut masyarakat merasa senang. Jalan yang dulunya sering becek sekarang menjadi bagus. Harapan masyarakat  agar nantinya menjadi contoh warga sekitar dan mohon ada kelanjutan program di tahun-tahun yang akan datang.

3  4  5

Foto kegiatan saat pengerjaan pemasangan paving di dusun Jumog.

(*)Keterangan Lebih Lanjut dapat Menghubungi :

Nama KSM                      : Rapi

RT / RW / Dk / Ds / Kel    : Dk Jumog, Ds Jaten, Kec Jaten, Kab Karanganyar

Nama Ketua KSM           : Bambang Sanyoto

Alamat Sekretariat         : Jumog Ds. Jaten, Kec. Jaten Kab. Karanganyar

Telepon / HP                   : –

 

Nama BKM                      : Handono Mulyo

RT / RW / Dk / Ds / Kel    : Ds Jaten, Kec Jaten, Kab. Karanganyar

Nama Koordinator BKM : Barkah Istiawan, SE

Alamat Sekretariat         : Komplek Kantor Desa Jaten

Telepon / HP                   : 089649899031

 

Pengirim:
Sutopo, SH
Fasilitator Sosial Tim 002 Kab. Karanganyar