KPUD Karanganyar Luncurkan “KOBIL”

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karanganyar meluncurkan majalah elektronik KOBIL (Kotak dan Bilik), Kamis (28/04) di kantor KPUD setempat.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karanganyar meluncurkan majalah elektronik KOBIL (Kotak dan Bilik), Kamis (28/04) di kantor KPUD setempat.

Karanganyar, Kamis (28/04/2016)

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karanganyar meluncurkan majalah elektronik, yang diterbitkan sebagai bentuk langkah inovasi, dalam rangka pelayanan keterbukaan informasi publik, dan sebagai media menyalurkan ide kreatifitas sekaligus media komunikasi dan informasi kepada masyarakat.

“Majalah dalam bentuk e-paper itu kami beri nama KOBIL, berasal dari akronim Kotak suara dan Bilik suara. Dipilihnya nama tersebut karena Kotak-Bilik identik dengan penyelenggaraan pemilu,” kata Ketua KPUD Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, Kamis (28/04) di kantornya, saat acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, lanjut Ketua KPUD Karanganyar, bahwa Kotak-Bilik adalah perlengkapan atau sarana dan prasarana utama dalam kegiatan pemungutan dan penghitungan suara. Majalah elektronik KOBIL mengusung slogan satu langkah maju untuk demokrasi yang terbit setiap tiga bulan sekali.

Ditempat yang sama, Pimpinan Redaksi Majalah KOBIL, Masykur, menjelaskan masyarakat dapat mengakses majalah tersebut melalui www.kpu-karanganyarkab.go.id, serta di upload ke situ web yang menyediakan jasa berbagi dokumen berbasis flash.

“Kami memandang perlunya media bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi yang berisi program kegiatan KPU dan berkaitan dengan pemilihan umum,” jelas Masykur.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Data Informasi, Maksum, KPU Karanganyar, mengklaim bahwa majalah dalam bentuk e-paper itu merupakan yang pertama di lingkup KPU Daerah se Indonesia.

“Ya, ini merupakan majalah KPU format elektronik pertama di lingkup KPUD se Indonesia,” katanya. pd