Pasca Terbakar, Pasar Karangpandan Segera Dibangun

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, saat berdialog dengan pedagang Pasar Karangpandan, Rabu (06/04) di lokasi.
Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, saat berdialog dengan pedagang Pasar Karangpandan, Rabu (06/04) di lokasi.

Karanganyar, Rabu (06/04/2016)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar segera membangun los, kios dan loket Pasar Karangpandan yang terbakar pada Rabu (06/04) pukul 02.00 WIB. Hal tersebut dikatakan Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat meninjau lokasi tersebut dengan didampingi Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Rabu (06/04).

Bupati Juliyatmono dihadapan pedagang yang tempat dagangan terbakar mengatakan, pihak Pemkab Karanganyar segera membangun kembali setelah perbaikan selesai.

“Harapan saya, bulan Mei tahun ini bisa di tempati kembali setelah diperbaiki,” kata Bupati.

Juliyatmono juga meminta bersabar kepada pegadang, dan mau menempati sementara di lokasi darurat, yang terletak di sebelah utara Pasar Karangpandan. Dia juga menjelaskan bahwa tahun 2017, Pasar Karangpandan akan dibangun lebih baik dan aman.

“Kita rancang, pasar-pasar di Kabupaten Karanganyar mempunyai akses masuk untuk mobil pemadam kebakaran dan tata letak kabel listrik yang aman dan rapi. Nantinya akan seperti Pasar Nglano, Kecamatan Tasikmadu dan Pasar Matesih, Kecamatan Mastesih,” katanya.

Pasar Karangpandan terbakar mengakibatkan dua los yang dipakai untuk 108 pedagang, satu los darurat untuk 86 pedagang, empat kios untuk empat pedagang dan dua loket pasar hangus terbakar, hanya tersisa rangka dan seng.

Beruntung, kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa, namun sementara waktu kerugian material belum dapat dihitung.

Terkait dengan penyebab kebakaran pasar yang terletak di Lereng Lawu itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM), Kabupaten Karanganyar, Larmanto mengatakan dugaan sementara karena hubungan arus pendek listrik.

“Dugaan sementara ini penyebab kebakaran dari arus pendek listrik. Kebakaran juga tidak merembet kios disekitarnya, karena kesigapan petugas kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar ,” katanya.

Untuk memadamkan si jago merah, didatangkan empat unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Karanganyar dan Surakarta masing-masing dua mobil damkar. Masing juga dibantu enam unit mobil tangki air. pd