Ikuti Harga BBM, Tarif AngkutanTurun 3-5 Persen

Tarif angkutan dan angkudes di Kabupaten Karanganyar, turun 3-5 persen karena penurunan harga BBM
Tarif angkutan dan angkudes di Kabupaten Karanganyar, turun 3-5 persen karena penurunan harga BBM

Karanganyar, Selasa (05/04/2016)
Dengan turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar subsidi sebesar Rp 500 per liter berlaku mulai 1 ‎April 2016,diberlakukan penurunan tarif angkutan perkotaan (angkot) dan angkutan perdesaan (angkudes) di Kabupaten Karanganyar.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar, Agus Cipto Waluyo, menuturkan, kemarin pihaknya Senin (04/05) telah dilakukan pertemuan dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda), dan perwakilan pelaku usaha angkot dan angkudes.

“Pertemuan itu untuk membahas penyesuainan tarif karena ada penurunan harga BBM.Disepakati tarifnya turun 3-5 persen dari penetapan sebelumnya pada bulan November 2015,” katanya, Selasa (05/04).

Tarif baru itu mulai berlaku 5 April 2016.Dia mencontohkan tarif untuk trayek antara Palur-Bejen yang tarif batas atas Rp 5.300, setelah penyesuaian ini menjadi Rp 5.000.

Dia juga menjelaskan para pelaku usaha meminta kepada masyarakat untuk tertib membayar sesuai tarif.“Kadang penumpang ada yang membayar tarif jauh dari angka yang ditetapkan,” katanya.

Penyesuaian tarif baru ini akan diajukan kepada Bupati Karanganyar untuk dijadikan Peraturan Bupati Karanganyar. “Kalau sudah jadi, akan disampaikan lewat pengumunan dengan ditempel di angkutan-angkutan tersebut,” katanya.pd