Karanganyar Siap Selenggarakan Ujian Nasional Tingkat Pendidikan Menengah

Seperti tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2016.
Seperti tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2016.

Karanganyar, Sabtu (02/04/2016)
Kabupaten Karanganyar siap menyelanggarakan Ujian Nasional Tingkat Pendidikan Menengah yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Pelaksanaan UNBK dan UNKP di Kabupaten Karanganyar untuk tingkat SMA/MA/SMTK, SMALB diikuti 26 sekolah dan 3.876 siswa. Sedangkan untuk tingkat SMK sebanyak 32 sekolah dan 4.086 siswa

Untuk pelaksanaan UNBK tahun 2016 ini, akan dilaksanakan enam hari untuk SMA, yakni 4-7 April 2016 dan 11-12 April 2016, sementara untuk SMK dilaksanakan empat hari, 4-7 April 2016. Total, ada 25 sekolah di Karanganyar yang melaksanakan UNBK, yakni 5 SMA negeri, 5 SMK negeri dan 15 SMK swasta.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora, Nur Hidayat mengatakan, sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK sudah dicek kesiapannya. “Semua sudah clear and clean, tinggal pelaksanaan,” katanya, Kamis (31/03) saat ditemui di kantornya.

Selain itu, pihak Disdikpora Kabupaten Karanganyar meminta agar sekolah ikut UNBK untuk mengantisipasi listrik mati, tiap server diminta untuk dipasangi UPS (Uninterruptible Power Supply) atau perangkat penyimpan daya listrik.

“Antisipasi jika terjadi listrik mati, data pada server masih bisa diselamatkan. Beberapa sekolah yang mampu, juga menyewa generator set (genset) sebagai cadangan daya listrik,” katanya.

Selain itu juga Disdikpora Kabupaten Karanganyar telah mengirim surat ke PLN dan meminta tidak ada pemadaman listrik selama UNBK berlangsung. Agar seperti tahun lalu, tidak ada pemadaman listrik selama UNBK berlangsung.

Sementara itu, persiapan pelaksanaan UNKP tahun ini juga sudah matang, tidak ada persoalan. Sekolah yang akan melaksanakan ujian itu sejumlah 11 SMA/MA/SMTK,SMALB. Untuk tingkat SMK sebanyak 12 sekolah. Kemudian, tanggal 4-7 April 2016 untuk Program Kesetaraan Paket C.

Untuk naskah soal dan lembar jawaban, Sabtu (02/04)  tiba di Karanganyar. Selanjutnya disimpan. Naskah akan diambil panitia menjelang pelaksanaan ujian.

“Pengamanan Naskah dari Kudus sampai Kabupaten Karanganyar dikawal oleh Panitia Provinsi, Kabupaten, dan petugas dari Kepolisian,” katanya.pd