Juliyatmono Kukuhkan 165 Kader Siaga Trantib (KST)

DSC_0053

Bupati Karanganyar Juliyatmono Memberikan Arahan Kepada Kader Siaga Trantib di Pendopo Rumdin Bupati Karanganyar, Selasa (29/3)

Pengukuhan tersebut dilangsungkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (29/3) dan dihadiri langsung oleh Bupati Karanganyar, Kapolres Karanganyar, Dandim 0727 Karanganyar, Wakil Ketua Pengadilan Agama, Wakil Bupati Karanganyar dan Kasatpol PP Propinsi Jawa Tengah dan Calon Kader Siaga Trantib.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kader Siaga Trantib (KST) sebagai garda terdepan untuk mendeteksi secara dini gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kedepan pemerintah akan merumuskan cara untuk meningkatkan kesejahteraan Kader dikarenakan KST sudah menjadi bagian dari sistem pemerintahan di tingkat masyarakat. Salah satunya bisa lewat pembentukan koperasi yang mewadahi Kader KST tersebut, dimana bantuan bisa pemerintah berikan dalam menggerakkan perekonomian kader. Bupati berharap supaya KST bisa membantu mengawasi masyarakat supaya dihimbau untuk dirumah mulai pukul 18.00 sampai dengan 19.00 WIB untuk anak-anak belajar dan orang tua wajib mendampinginya.

Sementara itu Kurniadi Kepala Satpol PP karanganyar dalam laporannya menjelaskan bahwa pembentukan Kader Siaga Trantib (KST) ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat secara swakarsa agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta memberikan informasi apabila terjadi pelanggaran peraturan daerah (Perda) dengan cepat dan tepat secara berjenjang. Dijelaskan pula bahwa sampai saat ini Kabupaten Karanganyar telah memiliki 441 Kader KST, hal tersebut masih jauh dari target yaitu sejumlah 1052 kader untuk Wilayah Kabupaten Karanganyar. Demikian Dishubkominfo (ad/bn)