DPRD Provinsi Sumatera Selatan Kunjungi Karanganyar

kominfo

Sekda Karanganyar Samsi Saat Bertukar Cinderamata Dengan Perwakilan Pansus III DPRD Propinsi Sumatera Selatan, Senin (28/3)

Pansus III DPRD Propinsi Sumatera Selatan sebanyak 20 orang melakukan kunjungan Study Komparasi ke Kabupaten Karanganyar. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan langkah-langkah dalam penyusunan Raperda tentang pembentukan Kebun Raya Sriwijaya di Propinsi Sumatera Selatan. Samsi Sekretaris Daerah didampingin Asisten 1 Pemerintahan menerima langsung kunjungan tersebut di Ruang Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (28/3). Hadir pula dalam kesempatan itu SKPD terkait dan perwakilan dari Kantor Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Kementerian Kesehatan RI yang berada di Kecamatan Tawangmangu.

Bupati Karanganyar Juliyatmono yang sambutannya dibacakan oleh Sekda Karanganyar menyampaikan bahwa Kabupaten Karanganyar merupakan bagian dari Jawa Tengah yang menjadi percontohan nasional untuk program Saintifikasi Jamu bagi layanan. Pemerintah Kabupaten Karanganyar mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait integrasi pelayanan pengobatan tradisonal ke dalam pelayanan kesehatan nasional dan proses saintifikasi jamu tersebut, sambil mempersiapkan sumber daya hayati.

Dijelaskan lebih lanjut Kabupaten Karanganyar memiliki potensi lebih dalam hal pembudidayaan tanaman obat dikarenakan selama ini pemerintah bersama masyarakat petani empon-emponĀ  membentuk Klaster Biofarmaka. Pengembangan dan penguatan Klaster Biofarmaka makin penting dalam rangka mendukung pencanangan jamu sebagai brand Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia. Disamping itu Tawangmangu sebagai bagian dari Kabupaten Karanganyar juga menjadi lokasi Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO2T), sehingga Karanganyar lebih dekat dan lebih cepat mendapatkan informasi mengenai konservasi sumber daya hayati. Demikian Dishubkominfo (ad/nnk)