Kunjungan DPRD Sijunjung, Sumatra Barat

Bupati Karanganyar dan Ketua DPRD Kab. Sijunjung, Sumatra barat saat tukar menukar cinderamata, Rabu (16/02).
Bupati Karanganyar dan Ketua DPRD Kab. Sijunjung, Sumatra barat saat tukar menukar cinderamata, Rabu (16/02).

Karanganyar, 16 Maret 2016

Karanganyar merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang maju pada sektor Pertanian dan Peternakan, menjadi tempat tujuan DPRD Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat  melakukan study banding.

Rombongan DPRD Kabupaten Sijunjung yang diketuai Sumanto diterima langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi jajaran Kepala SKPD, Rabu (16/03) di Ruang Anturium Rumah Dinas Bupati.

Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Sumanto, mengatakan secara topografi daerah Sijunjung berbukit-bukit, bergelombang dan daerah datar yang cukup sempit sehingga tidak mudah mengembangkan sektor peternakan di daerah tersebut.

“Dengan kunjungan kerja ini, kami berharap dapat menimba ilmu dari Pemerintah Kabupaten Kranganyar khususnya disektor peternakan,” ujar Sumanto selaku Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung.

Ditambahkan Sumanto, peternakan Kabupaten Sijunjung lebih menselaraskan program pemerintah dan masyarakat yakni dengan pemberian hibah sapi kurang lebih 400 ekor kepada kelompok usaha bersama.

“Hanya saja unutk tahun ini tidak boleh adanya hibah, sehingga kami menggunakan sistem revolving dengan membelikan sapi untuk di bagikan kepada peternak yang nantinya akan ada bagi hasil antara peternak dengan pemerintah. Dengan demikian kami disini ingin mengetahui lebih jauh kiat-kiat Kabupaten Karanganyar mengembangkan peternakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang di tekankan pada sektor peternakan, perkebunan, pertanian dan kesehatan hewan,” ujarnya

Menanggapi hal tersebut, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan saat ini hibah masih terus diberikan, hanya saja pemberian hibah tersebut harus memiliki badan hukum (BH).

“Bantuan hibah tetap kami berikan kepada kelompoki tani  dan kelompok usaha bersama (KUBE) yang telah berbadan hukum. Ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan Kabupaten Karanganyar dalam mengembangkan peternakan untuk pemenuhan kebutuhan organik masyarakat. ,” tandasnya.

Dishubkominfo Karanganyar (ad/ind/bn/umi)