Bupati Karanganyar Ajak Shalat Gerhana

Karanganyar, Selasa (08/03/2016)
Besok pagi, Bupati Karanganyar Juliyatmono, bersama Forkopimda akan mengikuti shalat gerhana tingkat Kabupaten Karanganyar, yang dipusatkan di Masjid Agung, Rabu (09/03) pukul 06.30 WIB.

Melalui Surat Edaran Nomor : 450/1453.7 yang di keluarkan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Karanganyar, terdapat himbauan kepada umat Islam di Kabupaten Karanganyar untuk melakukan shalat gerhana matahari dan memperbanyak dzikir, doa, shodaqoh di wilayah atau masjid masing-masing.

Dikutip dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI, jalur totalitas gerhana ini akan melewati 45 kota dan kabupaten di 12 provinsi, yaitu Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Jambi bagian Selatan, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Secara umum, gerhana matahari sebagian di Jawa Tengah akan dimulai pada pukul 06.20 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 07.24 WIB, dan berakhir pada pukul 08.35 WIB. Durasi gehana yang teramati di Jawa Tengah rata-rata adalah 2 jam, 15 menit.

Masyarakat dalam melakukan pengamatan sebaiknya menggunakan pelindung mata, seperti kacamata khusus, atau alat/bahan lainnya yang bersifat dapat meredupkan pancaran sinar matahari karena silau. Jika tidak dilindungi, maka lapisan retina mata yang berisi syaraf sensitif bisa rusak.pd