Pencetakan KTP Elektronik di Karanganyar Bisa Dilakukan di Kecamatan

kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono Saat Meninjau Pelayanan Perekaman KTP di Kecamatan Colomadu, Selasa (1/3)

Guna memudahkan masyarakat Karanganyar, terkhusus yang berdomisili jauh dari kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karanganyar, pada hari ini Bupati Karanganyar Juliyatmono me launching pusat pelayanan percetakan KTP Elektronik di 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar yaitu Kecamatan Colomadu, Kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Jumapolo. Acara yang berlangsung di Halaman Kecamatan Colomadu, Selasa (1/3) tersebut dihadiri oleh Camat se Kabupaten Karanganyar dan Lurah / Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Colomadu. Dengan kemudahan ini diharapkan mampu memperlancar pendataan penduduk di 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar, untuk proses percetakan KTP Elektronik sudah bisa dilayani hari ini di 3 Kecamatan tersebut.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutannya mengatakan bahwa percetakaan KTP Elektronik akan terus diperbarui dengan pelayanan-pelayanan yang jauh lebih baik, dimana tiap kecamatan nantinya dapat melayani pembuatan KTP Elektronik secara mandiri. Juliyatmono berharap supaya Disdukcapil berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Karanganyar dan para Camat untuk mendata Ibu Hamil yang ada diwilayah masing-masing kecamatan, agar nanti disaat memasuki masa persalinan dari puskesmas setempat bisa jemput bola. Diharapkan akan mengurangi resiko kematian ibu dan anak saat proses persalinan.

 Disinggung pula terkait KTP Anak atau Kartu Identitas Anak (KIA) yang sampai saat ini menunggu ketersediaan blangko dari Kementrian Dalam Negeri, dimana untuk memulai program KIA harus menunggu proses tersebut hingga selesai.

 “Karanganyar harus menjadi yang pertama mengenai Kartu Identitas Anak (KIA), saya minta Disdukcapil Karanganyar segera berkoordinasi dengan pihak terkait dan menyiapkan hal tersebut”, tegas Juliyatmono

Suprapto Kepala Dinas Dukcapil Karanganyar melaporkan tiga titikpusat pelayanan percetakan KTP Elektronik yaitu Kecamatan Colomadu mencakup layanan Kecamatan Colomadu dan Gondangrejo. Kecamatan Karangpandan dengan cakupan layanan Kecamatan Karangpandan, Tawangmangu, Matesih, Jenawi, Ngargoyoso, Mojogedang dan Kerjo. Kecamatan Jumapolo dengan cakupan layanan Kecamataan Jumapolo, Jatipuro, Jatiyoso dan Jumantono, serta cakupan untuk Dukcapil sendiri adalah layanan Kecamatan Karanganyar, Tasikmadu, Jaten dan Kebakramat. Dilaporkan juga bahwa data jumlah penduduk tercatat di Kabupaten Karangnyar berdasarkan Konsolidasi Kementrian Dalam Negri Semester II sejumlah 870.679 jiwa. Dengan rincian laki-laki 435.548 jiwa, perempuan 435.131 jiwa , dengan wajib KTP 645.246 Jiwa, sudah rekam 633.740 jiwa, belum rekam 11.506 jiwa, sudah dapat KTP Elektronik 615.006 jiwa dan belum dapat KTP Elektronik 30.240 jiwa. Dishubkominfo Karanganyar (ad/umi/ind)