Peduli Sampah, Juliyatmono Rela Ambil Sampah Dari Warga

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat megambil sampah dari warga di Perum Pelita, Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar, Minggu (21/02)
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat megambil sampah dari warga di Perum Pelita, Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar, Minggu (21/02)

Karanganyar, Minggu (21/02/2016)
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, rela mengambil sampah-sampah yang telah dimasukkan ke dalam tempat sampah, di depan rumah warga Perum Pelita, Kelurahan Popongan, Kecamatan Karanganyar, Minggu (21/02) pagi.

Sebelum itu, Bupati berangkat dari Taman Air Mancur dengan menyetir mobil boks dengan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, menuju Perum Pelita.

Di sepanjang jalan yang dilalui, Sekda Samsi melalui pegeras suara mengajak warga Kabupaten Karanganyar untuk peduli sampah, dan larangan membuang sampah sembarangan.

Mulai dari sisi barat, Bupati mengambil satu persatu kantong sampah tersebut. Terdapat sekitar 10 kantong sampah yang diambilnya.

“Ini merupakan memulai gerakan peduli sampah dari Pemkab Karanganyar untuk mendukung program Indonesia Bersih Tahun 2020,” kata Bupati di hadapan puluhan warga.

Ia juga menjelaskan, setiap seminggu dua kali, mobil boks pengangkut sampah ini akan mengambil sampah warga. Kemudian mobil dari Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) Kabupaten Karanganyar itu, akan mengambil sampah, lalu di bawa ke Tempat Pengolahan Sampah Tepadu (TPST) Buran, selanjutnya sampah plastik diubah menjadi solar, sedangkan untuk yang daun diolah menjadi pupuk organik.

Setelah mengambil, mobil pengangkut sampah yang dikendarai Bupati Juliyatmono menuju TPST Buran, Kecamatan Tasikmadu. Sesampainya disana, Bupati yang memakai helm, dan baju petugas kebersihan warna orange juga ikut memilah sampah, dan memasukkan sampah ke dalam mesin pengolah.pd