Barongsai dan Naga Liong Meriahkan Imlek

Atraksi barongsai saat berusaha mengambil angpao di emperan toko saat perayaan Imlek 2567 tahun, di Kecamatan Karangpandan, Minggu (14/02)

Atraksi barongsai saat berusaha mengambil angpao di emperan toko pada perayaan Imlek 2567 tahun, di Kecamatan Karangpandan, Minggu (14/02)

Karanganyar, Minggu (14/02/2016)
Perayaan Tahun Baru Imlek 2567 tahun terasa sangat meriah dengan adanya lima barongsai dan naga liong. Atraksi hebat yang persembahkan dari paguyuban warga keturunan Tionghoa di seluruh Kabupaten Karanganyar mampu memberi hiburan meriah bagi warga Kecamatan Karangpandan, Minggu (14/02) sore.

Tak sangka dari perkiraan sebelumnya, atraksi hiburan gratis dimulai pukul 15.00 WIB sangat dinantikan oleh ribuan penonton. Bahkan di lokasi penyelenggaraan, di terminal Karangpandan terlihat penuh sesak kehadiran warga yang datang sejak siang hari.

Sebelum di terminal, barongsai dan naga liong menunggu kehadiran Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dengan sejumlah rombongan di sisi barat pasar Karangpandan.

Selanjutnya, sambil berjalan kaki, barongsai-barongsai itu mengambil angpao yang telah digantungkan di emperan rumah dan toko sambil meloncat. Tak hanya itu saja, namun perayaan itu juga menghadirkan peragaan olahraga Wushu yang dilakukan sebanyak 15 orang di panggung utama.

“Perayaan imlek ini telah kami lakukan dua kali, tahun lalu di pusat kota Karanganyar, dan tahun ini di Karangpandan,” kata Ketua Panitia Imlek, Harsanto, saat di lokasi.

Pegusaha ikan patin itu juga menjelaskan pada kegiatan itu juga diberikan bantuan bingkisan sembako kepada 200 warga tidak mampu dan penebaran benih ikan sebanyak 200.000 ekor di Sungai Dimoro, sebagai kecintaan kepada alam, khususnya sungai.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono menghimbau untuk menjaga kekompakan, saling membantu, dan persatuan kesatuan.

“Ini adalah kekuatan untuk dijaga dengan baik. Tidak boleh membeda-bedakan, warna kulit, asal usul, agama, etnik, ras dan golongan, semua membaur menjadi satu,” katanya.

Dia juga mengajak untuk meningkatkan gotorng royong. “Saya minta kerja keras, cerdas, tuntas dan ikhlas. Mudah mudahan dengan semangat itu pertumbuhhan ekonomi bergerak dengan baik,” katanya.pd