KPID Jateng Beri Pembekalan Pada Kelompok Masyarakat Pemantau Siaran Kabupaten Karanganyar

kominfo

Kabid Kominfo Dishubkominfo Karanganyar Eny Fauziah Serahkan Surat Keputusan (SK) Pengawas Siaran Radio Kepada Salah Satu Peserta Pembekalan Oleh KPID Semarang, Rabu (10/2)

Karanganyar, Rabu 10 Februari 2016

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) merupakan media massa yang mempunyai peran penting dalam meyampaikan informasi kepada masyarakat baik dalam kehidupan sosial, budaya, politik dan ekonomi. Yang memiliki kebebasan dan bertanggung jawab dalam menjalankan fungsinya sebagai media informasi pendidikan, hiburan serta kontrol dan perekat sosial.

“ Keberadaan Kelompok Pemantau Penyiaran bertugas membantu Pemerintah dalam hal melaksanakan pemantauan isi siaran Lembaga Penyiaran yang berada di wilayahnya. Hal ini sangat dibutuhkan dalam rangka melindungi masyarakat dari pengaruh buruk isi siaran yang disiarkan/ditayangkan media elektronik serta mewujudkan penyiaran yang sehat,” hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Kominfo Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar, Eny Fauziah pada acara Pembekalan Kelompok Masyarakat Pemantau Siaran, Rabu (10/2) di Radio Swiba Karanganyar. Dihadiri oleh KPID Prov. Jateng serta diikuti Kelompok Masyarakat Pemantau Siaran dari perwakilan PGRI, Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan Aisyiah Karanganyar.

Sementara itu, menurut Mulyo Hadi Purnomo selaku Koordinator Bidang Penindakan dan Pembinaan KPID Prov. Jawa Tengah mengatakan bahwa KPI/KPID adalah representasi publik dalam membangun dunia penyiaran yang mana frekuensi milik publik dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

“ Masyarakat perlu dilibatkan dalam pengawasan terhadap isi siaran pada lembaga penyiaran didaerahnya yang mencakup Kabupaten/Kota. Yang mana pendengar harus dilatih kritis dan peduli isi siaran terhadap isi siaran. Maka dengan adanya Kelompok Masyarakat Pemantau juga dapat mendukung literasi media,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut ia berharap Radio Swiba sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) di Karanganyar dapat menjadi inspirasi bagi Lembaga Penyiaran Publik Lokal lainnya.

“Saya selaku perwakilan KPID Provinsi, minta tolong untuk Dishubkominfo Karanganyar khususnya Radio Swiba untuk dapat menjadi parthner/mitra kerja sebagai upaya menjaga agar siaran tetap sehat dan bermanfaat. Kami berharap kepada Kelompok Masyarakat Pemantau Siaran Karanganyar khususnya dapat memahami bersama pentingnya pengawasan terhadap isi siaran yang kiranya mengarah ke unsur negatif dapat segera dicegah/dibatasi agar tidak merambah luas kepada keluarga, sahabat maupun masyarakat sebagai pendengar. Dan ini merupakan bagian dari bakti kita kepada masyarakat,”tambahnya.

Dishubkominfo Karanganyar (ad/ind)