Tingkatkan Kualitas Guru dan Pengawas Sekolah

kominfo
Pengawas Sekolah mengikuti pembinaan oleh Bupati Karanganyar, Rabu (03/2).

Karanganyar, Rabu 3 Februari 2016

Berdasarkan Keputusan Bupati Karanganyar, Nomor 800/121 Tahun 2016 tentang Pembagian Tugas Binaan Pengawas SD di lingkungan Dinas Pendidiakan Pemuda dan Olahraga tahun 2016. Dan diprediksi pada tahun 2017 semua pengawas SD di Karanganyar memperoleh binaan minimal 60 guru. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdikpora Karanganyar Sutarno pada Pembinaan Pengawas Sekolah yang diikuti oleh seluruh Pengawas SD se Kabupaten Karanganyar, Rabu (03/2) di Aula Disdikpora Karanganyar.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Juliyatmono menekankan pentingnya komunikasi antara guru dan pengawas agar dalam pengambilaan keputusan harus berdasar pertimbangan yang komprehensif. Tugas pokok Kepala Sekolah itu sebagai manajer atau pimpinan sekolah dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar. Sedangkan Pengawas Sekolah mendapat tunjangan profesi dengan ketentuan membawahi minimal 60 guru atau sepuluh sekolah. Tugas pengawasan yang dilakukan, meliputi, pengawasan managerial dan pengawasan akademik.

“Agar para pengawas guru dan sekolah dapat meningkatkan kinerjanya yang dimplementasikan dengan kompetensi. Pengawas juga dihimbau aktif dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja para guru, kepala sekolah. Untuk itu, para pengawas harus lebih giat lagi dalam menjalankan fungsi pengawasannya dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Karanganyar”, terang Bupati.

“Peran penting pengawas sangat diperlukan. Pengawasan itu dilakukan sebagai salah satu alat kontrol bagaimana tugas pokok yang diawasi bisa berjalan sesuai aturan,” kata Bupati.

kominfo
SIMBOLIS : Penyerahan SK pembagian tugas pengawas oleh Bupati Karanganyar pada perwakilan pengawas sekolah.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Karanganyar, Sutarno, menambahkan, jumlah pengawas di Karanganyar sebanyak 109 orang dengan perincian, 13 pengawas tingkat TK, 69 pengawas tingkat SD, 18 pengawas Tingkat SMP, 4 pengawas tingkat SMA dan 5 pengawas tingkat SMK. Pengawasan tidak hanya dilakukan terhadap sekolah negeri melainkan juga sekolah swasta.

Dishubkominfo Karanganyar (Ind/Uum)