Bupati : Tata Petugas Parkir dengan Baik, Sebagai Cerminan Wajah Kabupaten Karanganyar

Kominfo

Penandatanganan kerjasama antara Dishubkominfo dan Juru Parkir yang disaksikan Bupati Karanganyar Juliyatmono, Kamis (28/1).

Karanganyar, Kamis 28 Januari 2016

Untuk menjamin keamanan, kenyamanan dan perolehan retribusi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan pembinaan juru parkir yang diikuti kurang lebih 170 petugas parkir, Kamis (28/1) di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Bupati Karanganyar Juliyatmono menyampaikan pentingnya penataan area parkir dan kelengkapan yang harus dikenakan oleh petugas parkir khususnya di wilayah Karanganyar.

“ Saya atas nama Pemerintah menyambut baik pertemuan ini dan berharap menjadi agenda rutin. Petugas parkir itu menggambarkan wajah Karanganyar, artinya petugas parkir harus mengenakan seragam resmi lengkap dengan topi, sepatu, peluit sebagai atribut lengkap seperti petugas parkir di Solo yang mengenakan seragam lurik sebagai identitas,” ujarnya.

Juliyatmono juga menghimbau kepada sejumlah juru parkir untuk selalu guyub, rukun tidak saling serobot wilayah parkir dan bertindak jujur pada saat penarikan tarif parkir.

Sementara itu, menurut Agus Cipto Waluyo selaku Kepala Dishubkominfo Karanganyar mengatakan bahwa ada tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh juru parkir pada saat bertugas di area parkir yakni meliputi keamanan dalam hal ini kaitannya dengan kendaraan yang diparkir harus dijaga dan diberikan karcis yang sesuai dengan Nopol (Nomor Polisi).

“Bukan hanya kendaraan saja yang dijaga tetapi perlengkapannya seperti helm, ini harus diperhatikan benar oleh para petugas parkir. Untuk kenyamanan sebagai petugas parkir agar memberikan pelayanan jasa yang baik pada pengendara. Sedangkan retribusi yang ditarik oleh juru parkir harus sesuai Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum,” terangnya.

kominfo

Pemakaian rompi, ID Card dan Penyerahan SK Juru Parkir oleh Bupati Karanganyar kepada salah satu perwakilan petugas parkir.

Selanjutnya, Kasat Sabara Polres Karanganyar, AKP. Mardiyanto menekankan kepada pengelola parkir untuk disiplin secara fisik yakni dari segi penyediaan seragam parkir dan kelengkapan lainnya seperti rompi, peluit, shelter/lampu parkir .

“ Sebagai petugas parkir pada saat bertugas harus selalu mengerahkan karcis parkir dan ditulis sesuai dengan Nopol (Nomor Polisi) untuk mengantisipasi terjadinya pencurian kendaraan. Jika terjadi pencurian di area parkir, harus segera lapor ke kantor Polisi terdekat dengan data-data seperti merk motor dan Nomor Polisi. Untuk itu, kami minta kerjasama dan kewaspadaanya kepada semua pihak,” ujarnya saat menyampaikan penjelasan kepada sejumlah juru parkir.

Dishubkominfo Karanganyar (Ad/Ind).