Desa Jatikuwung Gondangrejo Resmi Menjadi Kampung KB

kominfo
Peresmian Kampung KB Desa Jatikuwung Gondangrejo, Senin (25/1).

Karanganyar, Senin 25 Januari 2016
Bupati Karanganyar Juliyatmono meresmikan Dusun Keluarga Berencana (KB) di Desa Jatikuwung Kecamatan Gondangrejo Karanganyar, Senin (25/1). Ini merupakan suatu program yang harus disemangati lagi dengan tujuan agar terbentuk keluarga yang sejahtera lahir dan batin.

“Saya atas nama Pemerintah mengucapkan terima kasih atas persiapan yang sudah lama ditata, terima kasih juga untuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja di Desa Jatikuwung, Gondangrejo ini. KB ini perlu disemangati lagi karena dengan KB ini pertumbuhan penduduk dan angka kelahiran dapat dikendalikan,” tutur Bupati dihadapan para warga Dusun KB.

kominfo
Bupati bersama Wakil saat meninjau kegiatan Lansia sebagai pemberdayaan program KB.

Bupati juga mengatakan bahwa Program KB itu merupakan salah satu metodelogi untuk dapat mengendalikan angka kelahirkan. Maka Desa Jatikuwung ini bisa menjadi percontohan KB secara umum. “Tanah tidak akan menjadi lebih luas tetapi pertumbuhan penduduk terus meningkat serta banyaknya remaja yang hamil diluar nikah mencapai 37%. Maka dari itu saya berpesan pada Pak Rt, Rw, Lurah serta Kader-kader Penggerak PKK untuk terus menggalakkan pentingnya program KB dengan mendata jumlah penduduk Desa yang mencakup angka kelahiran, angka usia produktif dan lanjut usia. Dengan harapan suksesnya program KB ini dapat memberikan kesejahteraan bersama bagi masyarakat,” pesan Bupati saat meresmikan Kampung KB.

Selanjutnya, menurut Kepala BP4KAB Ani Indriastuti bahwa kampung KB adalah miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif di tingkat lini lapangan (desa/kelurahan/dusun/RW) konsep kampung KB merupakan konsep terpadu program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi.

“Kampung KB ini didesain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan program KB. Kegiatannya dikelola berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri,” terang Ani Indriastuti saat menyampaikan laporannya.

Ia juga mengatakan penetapan Desa Jatikuwung Kecamatan Gondangrejo sebagai kampung KB telah sesuai kriteria utama yakni jumlah Pra-KS dan KS-1 (miskin) diatas rata-rata Pra-KS dan KS-1 sebesar 58%, jumlah peserta KB belum cukup tinggi yaitu 68%, kriteria wilayah tyermasuk wilayah yang padat penduduk serta kriteria program KB seperti peserta KB aktif dan penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang, rendah dengan tingkat Unmet Need tinggi sebesar 80%.

“Program KB ini berupaya mewujudkan keluarga sejahtera yang berkualitas. Partisipasi berbagai instansi dalam kampung KB sangat penting sehingga pelayanan paripurna dapat dirasakan langsung oleh masyarakat menuju kesejahteraan masyarakat. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di kampung KB diantaranya optimalisasi pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak sejak dikandungan sampai seribu hari pertama kehidupan, perencanaan kehamilan yang baik sejak pra nikah dan selama mengandung, menurunkan angka fertilitas melalui pelayanan KB yang bermutu merata dan dapat diakses oleh seluruh keluarga serta mengembangkan kualitas keluarga melalui Bina Keluarga Balita (BKB),” tuturnya.  Dishubkominfo Karanganyar (Ind/Bn).