Sukses Jalankan Program KB, Perwakilan 14 Negara Kunjungi Kabupaten Karanganyar

Perwakilan dari 14 negara mendatangi Kabupaten Karanganyar ingin mengetahui kesuksesan program KB yang dijalankan

Perwakilan dari 14 negara mendatangi Kabupaten Karanganyar, untuk mengetahui  kesuksesan program KB yang dijalankan.

Karanganyar, Jumat (22/01/2016)
Sukses menjalankan program Keluarga Berencana (KB), Kabupaten Karanganyar di kunjungi perwakilan dari 14 negara yang tergabung dalam Advance Family Planning (AFP), Jumat (22/01). Rombongan tersebut diterima langsung Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, di rumah dinas Bupati.

Di Kabupaten Karanganyar, tamu-tamu yang ingin belajar tentang keberhasilan KB itu mengunjungi di Puskesmas Tasikmadu, disana melihat pelayanan KB serta layanan jaminan kesehatan rogram KB. Selain itu juga mengadakan diskusi dengan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Karanganyar di rumah dinas Bupati Karanganyar, kemudian berdiskusi dengan Tim Pokja Desa Balai Desa Karangmojo.

Direktur AFP, Duff Gillespie, mengatakan dipilihnya Karanganyar dikarenakan Kabupaten ini cukup berhasil untuk menjalankan program KB. Menurutnya Kabupaten ini merupakan salah satu yang paling berhasil menekan pertumbuhan penduduk.

Selain itu dukungan dari pemerintah daerah untuk Kabupaten ini juga tergolong cukup baik dibandingkan dengan daerah lain. Karena tidak semua Pemerintah Kabupaten dan Kota di Indonesia memiliki komitmen yang kuat seperti Kabupaten Karanganyar.

“Nantinya mereka bisa belajar secara langsung metode yang diterapkan di Indoensia dan khususnya Kabupaten Karanganyar. Sehingga sepulangnya dari sini mereka bisa menerapkan program yang sama di negara masing-masing,” katanya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono, mengatakan keberhasilan KB di Karanganyar dapat terlihat dari beberapa capaian yang ada. Menurutnya pada tahun 2015 jumlah warga yang mengikuti program KB mencapai 22.998 keluarga. Jumlah tersebut jauh di atas target yang ditetapkan di Karanganyar yakni 19.117 keluarga.

Keberhasilan itu menurutnya disebabkan oleh berbagai pihak yang membantu, serta didukung oleh masyarakat.

“Saya berikan bonus dan ternyata respon masyarakat cukup baik,” kata Bupati. pd