Pembangunan Waduk Gondang, Perhatian Pemerintah Dukung Kedaulatan Pangan

kominfo
Wakil Bupati Rohadi Widodo, Sekda Prov.Jateng Sri Puryono bersama rombongan saat meninjau proyek pembangunan Waduk Gondang, Selasa (19/01/2016).

Karanganyar, Rabu 20 Januari 2016

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo meninjau mega proyek pembangunan Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Selasa (19/01/2016) kemarin. Sembilan waduk yang dibangun di Jawa Tengah salah satunya Waduk Gondang ini merupakan perhatian Pemerintah guna mendukung program kedaulatan pangan.

“Jumlah 50 waduk besar yang dibangun di Indonesia, sembilan diantaranya di Jawa Tengah yakni Gondang, Bener, Randugunting, Dolok, Pidekso, Logung, Matenggeng, Jragung. Pembangunan waduk khususnya di Jawa Tengah ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah dalam mendukung program Kedaulatan Pangan,” tutur Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono pada kunjungannya dilokasi proyek.

“Dari pantauan saya, Waduk Godang ini sangat cepat pembangunannya. Ini termasuk percepatan pembangunan infrastruktur, harapan kita dengan adanya pembangunan waduk dapat meningkatkan produktifitas pangan utamanya padi. Karena produktifitas beras di Jawa Tengah tahun 2015 sebanyak 3,2 juta ton atau melampaui target 2,3 ton,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Sri Puryono mengapresiasi kinerja sejumlah pihak yang terlibat pada pembangunan proyek Waduk Gondang. “Berdasar laporan rekanan proyek, PT.Waskita Karya (Persero) menyanggupi menyelesaikan 60% fisik pembangunan pada tahun ini. Kemungkinan besar akhir 2017 pembangunan waduk gondang diprediksi selesai. Yang terpenting disini untuk diperhatikan dari segi kualitas tenaga kerja, peralatan, dan material,” kata Sri Puryono saat diwawancara.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo menyampaikan bahwa seluruh tahapan pembangunan Waduk Gondang sudah selesai. Termasuk tambahan pengadaan tanah seluas delapan hektare. Ad/Ind