DPRD Beri Ruang Aspirasi dan Kreasi

Kominfo

Teatrikal demo oleh Mahasiswa STSI Surakarta dan pengamanan oleh Satpol PP

Karanganyar, Senin 18 Januari 2016
Mendengarkan sekaligus menampung aspirasi merupakan salah satu bentuk pelayanan publik. Untuk itu DPRD Kabupaten Karanganyar sebagai wakil rakyat daerah membuat ruang /tempat aspirasi yang berlokasi di Halaman depan Kantor Sekretariat Dewan Kabupaten Karanganyar. Dalam rangka hari jadi DPRD Kabupaten Karanganyar yang ke 65 Tahun sekaligus penandatanganan peresmian panggung aspirasi dan kreasi oleh Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto dan didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Senin (18/01/2016) disaksikan segenap Forkompinda, Anggota Dewan serta jajaran Kepala SKPD dilingkungan Karanganyar.
Sekretaris DPRD Karanganyar Sujarno sekaligus Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa berdasar Keputusan Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 003.03 Tahun 2015 tentang Penetapan Hari Jadi Dewan Perwakilan Daerah Karanganyar yang jatuh tepat pada tanggal 24 Januari 2016 besok, maka peresmian panggung aspirasi ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT DPRD Kabupaten Karanganyar ke 65 Tahun. “Ini pertama kalinya HUT DPRD Karanganyar diperingati. Sebagai wujud peringatan HUT DPRD ke 65 ini maka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Karanganyar membuat Panggung aspirasi dan kreasi yang menghabiskan dana kurang lebih 148 juta rupiah yang bersumber dari APBD Tahun Anggaran 2015,” jelas Sujarno pada saat menyampaikan laporannya.

Kominfo

Sumanto Ketua DPRD di dampingi Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo meresmikan Panggung Aspirasi dan Kreasi di DPRD Kabupaten Karanganyar

Sementara itu Ketua DPRD Sumanto dalam sambutannya menyatakan bahwa panggung ini sebagai bentuk pelayanan masyarakat agar bisa menyampaikan aspirasi. ”Demo yang biasanya dilakukan oleh masyarakat tanpa tempat hanya ada pengamanan saja, maka dengan diresmikannya panggung aspirasi ini bisa digunakan untuk menampung aspirasi disamping kita juga menyiapkan lengkap dengan sound system serta makan minum,” terang Sumanto yang disambut tepuk tangan para hadirin. “Saya minta kepada komisi-komisi yang membidangi untuk dapat melayani aspirasi bila memang ada demo dari masyarakat.Karena kita hidup di era Reformasi dan Demokrasi yang memberikan ruang kepada kita untuk saling bertukar pikiran sehingga menghasilkan pemikiran atau keputusan yang bisa dibanggakan oleh masyarakat Karanganyar. Harapan kami dengan panggung aspirasi ini dapat memberikan pelayanan masyarakat, mari kita jemput bola karena ini adalah tugas dan kewenangan kita sebagai Wakil Rakyat. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk semuanya,” pesan Sumanto.
Sumanto juga menambahkan bahwa ada tiga fungsi sebagai Wakil Rakyat yakni Fungsi Legislasi, Anggaran dan Pengawasan. Berdasar hasil penelusuran tim ahli sejarah dan Akademi dari UNS tanggal 24 Januari 1951 merupakan hari lahirnya DPRD Karanganyar. Ini kali pertama di tahun 2016 HUT DPRD Karanganyar ke 65 diperingati. Berbagai rangkaian acara digelar diantaranya Festival burung berkicau (17/01/2016) di Lapangan Kantor DPRD Karanganyar, Lomba Lari 10 KM (19/01/2016) Start dan finish dari Lapangan Belakang DPRD Karanganyar, Lomba renang Tingkat Provinsi (22 s/d 24/01/2016) di Kolam renang Intanpari Karanganyar dan Pagelaran seni wayang kulit (24/01/2016) malam di Halaman DPRD Karanganyar.
Selanjunya Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo dalam sambutannya menyampaikan semoga adanya panggung aspirasi tersebut dapat digunakan masyarakat untuk berkreasi seperti lomba pidato, pentas seni, dsb. Mudah-mudahan berbagai agenda yang digelar dapat menjadikan DPRD Karanganyar semakin berencana dan semakin maju.
Acara peresmian tersebut dimeriahkan dengan tari Jaipong Banjidor Tahok dan treatikal demo yang dipersembahkan oleh Mahasiswa STSI Surakarta serta penampilan Band Hip-hop NDX AKA Familia. Ad/Bn/Ind/Tt