Penguatan SDM-LPM menuju Kabupaten Karanganyar Maju dan Cerdas

kominfo

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat menyampaikan arahannya dalam Workshop di Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar kemarin, Sabtu (09/01/2016).

Karanganyar, Sabtu 9 Januari 2016

Dewan Pimpinan Daerah LPM Kabupaten Karanganyar mengadakan Workshop Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang berlangsung di gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu (09/01/2016). Yang di hadiri oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ketua LPM, serta jajaran SKPD Kabupaten Karanganyar.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menigkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengedali pembangunan serta meningkatkan kemampuan masyarakat sebagai SDM untuk mengolah dan memanfaatkan potensi SDA dalam bidang Agrobisnis dan Pariwisata.

LPM merupakan Lembaga Kemasyarakatan Independen yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang bertumpu pada masayarakat.

Dalam workshop tersebut, Dewan Pimpinan Daerah LPM Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa akan diberlakukan Subtansi Permendes No.5 Tahun 2015 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Permendes 5/2015 (5 Bab-12 Pasal) itu sendiri isinya tentang Ketentuan Umum, Prinsip Penggunaan Dana Desa, Prioritas Penggunaan Dana Desa Untuk Pembangunan Desa, Prioritas Penggunaan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Ketentuan Penutup.

Permendes No.5 Tahun 2015 tersebut sudah berjalan dengan baik maka akan menghasilkan suatu desa yang kuat, maju, mandiri, dan demokratis. Selain itu juga ada peningkatan kelompok masyarakat melalui kelompok usaha ekonomi produktif, kelompok perempuan, kelompok masyarakat miskin, kelompok nelayan, kelompok lain sesuai kondisi desa. Ald