Indeks Kepuasan Masyarakat DISHUBKOMINFO Kabupaten Karanganyar Tahun 2015

pengujian-kir

Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar

“B/BAIK” KUALITAS KINERJA PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARANGANYAR

Pelayanan Pengujian Kendaraan bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar, tahun 2015 mendapat predikat “B” atau dalam kategori Baik. Peringkat ini diperoleh dari pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat pemohon Uji Kir atau wajib uji kendaraan bermotor.

Instrumen kuesioner memuat pertanyaan tertutup kepada para pemohon uji kir mengenai penilaian mereka terhadap kualitas pelayanan yang diselenggarakan khususnya Unit Pengujian Kendaraan bermotor. Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/ /M.PAN/2/2003 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, kuesioner memuat penilaian masyarakat mengenai 14 unsur pelayanan, yakni :

  1. Prosedur pelayanan, yaitu kemudahan tahapan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dilihat dari sisi kesederhanaan alur pelayanan;
  2. Persyaratan pelayanan, yaitu persyaratan teknis dan administratif  yang diperlukan untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan jenis pelayanannya;
  3. Kejelasan petugas pelayanan, yaitu keberadaan dan kepastian petugas yang memberikan pelayanan (nama, jabatan serta kewenangan dan tanggung jawabnya);
  4. Kedisiplinan petugas pelayanan, yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu kerja sesuai ketentuan yang berlaku;
  5. Tanggungjawab petugas pelayanan, yaitu kejelasan wewenang dan tanggung jawab petugas dalam penyelenggaraan dan penyelesaian pelayanan;
  6. Kemampuan petugas pelayanan, yaitu tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki petugas dalam memberikan/menyelesaikan pelayanan kepada mayarakat;
  7. Kecepatan pelayanan, yaitu target waktu pelayanan dapat diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan oleh unit penyelenggara pelayanan;
  8. Keadilan mendapatkan pelayanan, yaitu pelaksanaan pelayanan dengan tidak membedakan golongan/status masyarakat yang dilayani;
  9. Kesopanan dan keramahan petugas, yaitu sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati;
  10. Kewajaran biaya pelayanan, yaitu keterjangkauan masyarakat terhadap besarnya biaya yang ditetapkan oleh unit pelayanan;
  11. Kepastian biaya pelayanan, yaitu kesesuaian antara biaya yang dibayarkan dengan biaya yang telah ditetapkan;
  12. Kepastian jadwal pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan;
  13. Kenyamanan lingkungan, yaitu kondisi sarana dan prasarana pelayanan yang bersih, rapi, dan teratur sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penerima pelayanan;
  14. Keamanan pelayanan, yaitu terjaminnya tingkat keamanan lingkungan unit penyelenggara pelayanan ataupun sarana yang digunakan, sehingga masyarakat merasa tenang untuk mendapatkan pelayanan terhadap resiko-resiko yang diakibatkan dari pelaksanaan pelayanan.

Dari total nilai semua persepsi responden terhadap keempat belas unsur pelayanan tersebut, diperoleh Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar sebesar 74,77 atau dengan kata lain Mutu Pelayanan Unit PKB dalam kategori “Baik” dalam skala penilaian 1,00 sampai dengan 100. Dengan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas unit pelayanan PKB tersebut, Dishubkominfo Kab. Karanganyar akan semakin bergiat dalam memberikan pelayanan prima khususnya di Unit Pelayanan PKB. (sofi)

Laporan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat