Sepuluh Sekolah Adiwiyata Audiensi dengan Bupati

Karanganyar, Kamis 7 Januari 2016

Bertempat di Ruang Garuda I Kantor Sekretariat Daerah Karanganyar, sepuluh perwakilan Sekolah Adiwiyata mengadakan audiensi bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono, Kamis pagi (07/01/2016).

Pada kesempatan tersebut Kepala Badan Lingkungan Hidup, Edy Yusworo dalam laporannya menyampaikan bahwa Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. “Untuk Kabupaten Karanganyar tahun 2015 sepuluh sekolah mendapat serifikat Adiwiyata Nasional, sedangkan untuk tahun 2016 Karanganyar akan maju tiga sekolah Adiwiyata Nasional menuju Mandiri yakni SD Negeri 3 Jaten, SMP Negeri 1 Karanganyar, SMP Negeri 3 Karanganyar”.

Rencananya tiga sekolah ini akan maju untuk mendapatkan penghargaan Asian Eco Award.
Harapan kami Bapak Bupati pada kesempatan ini dapat memberikan arahan dan motivasi agar apa yang menjadi harapan kami dapat tercapai untuk kemajuan sekolah Adiwiyata sekaligus kemajuan Kabupaten Karanganyar, “terang Edy Yusworo.

Bupati Juliyatmono menghimbau supaya sekolah yang mendapatkan sertifikat Adiwiyata harus memiliki ciri khas atau identifikasi. “Kami selaku Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyampaikan rasa terima kasih karena telah berusaha keras untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata”. Selanjutnya yang perlu dimotivasi bagi sekolah yang telah mendapatkan prestasi harus memiliki ciri khas/identifikasi atau memiliki nilai lebih dari sekolah yang lain. Contohnya seperti : apakah lingkungannya bersih/asri, ada budaya yang baik untuk menjaga lingkungan selalu bersih. Sehingga dari contoh tersebut saat kita melakukan kampanye lingkungan hidup sekolah bisa menjadi rujukan.

Bupati juga menambahkan agar siswa siswi dibiasakan berbudaya bersih, sehingga dari kultur itulah masyarakat dapat disadarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk hidup lebih sehat. “Saya minta budaya bersih sudah menjadi kultur bagi siswa siswi, untuk itu sekolah-sekolah yang sudah menjadi Adiwiyata untuk ditata dengan benar dan di setiap sekolah memiliki taman yang asri serta anak-anak untuk dididik selalu hidup bersih dan sehat, “pesan Bupati diakhir acara audiensi tersebut. ind/uum/bn