212 Mahasiswa UNS, KKN di Karanganyar

Sebanyak 212 Mahasiswa KKN UNS saat diterima di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Sebanyak 212 Mahasiswa KKN UNS saat diterima di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, sebelum ke lokasi KKN

Karanganyar, Kamis (07/01/2016)
Universitas Sebelas Maret, Surakarta mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Karanganyar, diikuti sebanyak 212 mahasisiwa dari berbagai fakultas.

Seperti biasanya, para peserta diterima Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar Samsi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sundoro, dan beberapa camat yang wilayahnya menjadi lokasi KKN, Selasa (05/01) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Koordinator KKN UNS Wilayah Kabupaten Karanganyar Waridi Hendro Saputro mengatakan pada periode ini, mahasiswa disebar di Kecamatan Jumantono sebanyak delapan desa, Kecamatan Ngargoyoso sebanyak empat desa, Kecamatan Tawangmangu di empat desa, Kecamatan Tasikmadu sebanyak empat desa, dan Kecamatan Jaten di dua desa.

“Mereka terdiri dari Laki-laki sebanyak 81 orang, Perempuan sebanyak 131 orang. Selain dari UNS, periode ini juga diikuti enam mahasiswa dari Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara,” katanya.

Dikatakan lebih lanjut, KKN di Kabupaten Karanganyar harus mengabdi dengan melihat situasi di masyarakat apa adanya.

“Setelah ditarik dikampus, masih harus melaporkan hasil yang Anda lakukan selama 1,5 bulan. Hasil sudah berjalan atau belum,” katanya.

Menariknya, jika ada yang belum berjalan, dan dianggap mungkin masih menjadi prioritas, akan ditindak lanjuti Bupati.

Dia juga menjelaskan sebagai kelanjutan untuk wiata kuliner, ternyata banyak produk olahan yang bisa di produksi, namun belum dipatenkan.

“Rencananya, pada periode ini sudah berjalan dan sudah dipraktekkan di masyarakat akan dipatenkan,” katanya.

Saat menerima peserta, Bupati Karanganyar Juliyatmono berharap mahasiswa kelak menjadi pemimpin bangsa. Bupati juga merasa senang kegiatan KKN di Kabupaten Karanganyar. Dengan begitu, masyarakat bisa terpengaruh untuk berpikiran lebih maju.pd