Satpam Dituntut Siap Hadapi MEA

Bela diri Polri yang diperagakan oleh Satuan Pengamanan (Satpam) pada HUT ke-35 Satpam.
Bela diri Polri yang diperagakan oleh Satuan Pengamanan (Satpam) pada HUT ke-35 Satpam.

Karanganyar, Kamis (31/12/2015)
Para personil Satuan Pengamanan (Satpam) di seluruh Indonesia, dituntut siap untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2016.

Dengan diberlakukan MEA, masuknya komoditi dan tenaga kerja asing serta masuk budaya asing yang dapat mengancam potensi ganguan keamanan, yang bila tidak mampu diantisipasi dan dikelola dengan baik akan menjadi gangguan nyata yang dapat merusak stabilitas keamanan.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Kepolisian RI, Jenderal Polisi Badrodin Haiti, dalam sambutan HUT Satpam ke-35, yang dibacakan Bupati Karanganyar Juliyatmono saat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Rabu (30/12) di lapangan Mapolres Karanganyar.

“Dalam pelaksanaan, Satpam dapat memberikan kontribusi positif untuk mendukung dan memelihara keamanan lingkungannya. Dukungan tersebut ditunjukkan dengan menyelenggarakan keamanan melalui aspek pengamanan fisik, personal, dan pengamanan teknis lain,” kata Bupati Karanganyar.

Selama 35 tahun berkiprah, satpam telah mampu menampilkan kinerja yang optimal dalam membantu Polri.

“Satpam dapat membantu mengamankan para pelaku kejahatan, patroli guna menjamin keamanan di lingkungan kerja,” kata Bupati.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil satuan pengamanan dimanapun bertugas atas dukungan dan partisipasi aktif dalam memlihara keamanan di lingkungan.

“Melalui peringatan HUT ini, sebagai sarana instropeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah ditampilkan. Melalui penyempurnaan dan tugas, kita berharap peran satpam sebagai mitra polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal,” katanya. pd