Ribuan Pramuka Ikuti ISC 2015

DSC_0116 copy
Dua peserta lomba di ISC 2015 saat beradu kecepatan memindahkan huruf hingga tersusun

Karanganyar, Selasa (22/12/2015)
Indonesia Scout Challenge (ISC) 2015 berlangsung di Kabupaten Karanganyar berlangsung luar biasa. Sebanyak 4000 adik-adik pramuka dari penggalang ramu, berusia maskimal 12 tahun dan duduk di bangku kelas 4 dan 5 SD mengikuti ajang tersebut.

Kegiatan pramuka itu berlangsung selama empat hari, dan terbagi dalam dua tahap, Minggu-Rabu (20-23/12). Tahap pertama dimulai Minggu-Senin (20-21/12) dan Selasa-Rabu (22-23/12), di Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri, Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar.

“Setiap tahap diikuti sebanyak 2000 peserta pramuka dari Kabupaten Karanganyar,” ujar Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gerakan Pramuka Karanganyar Samsi, Minggu (20/12) di lokasi.

Menariknya, tidak hanya berkemah, namun di ISC juga diadakan berbagai permainan lomba. Terdapat 10 jenis lomba untuk mengasah kemampuan dari masing-masing peserta.

Even bekerjasama dengan Kwarcab Karanganyar terdapat lomba membuat tandu dan menangani korban kecelakaan, memasang tanda pramuka di baju pramuka, asah pengetahuan pelajaran pramuka dan umum, menguji peserta dalam mengetahui arah mata angin, lomba Dasa Dharma Pramuka dan Pancasila, lomba ikon Kota-kota di Indonesia, lomba tebak lagu, lomba mengenali sebuah benda, dan lomba berbahasa inggris.

Hadir pada acara pembukaan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Budi Prayitno, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan panitia dari Jawa Pos Radar Solo.

“Adik-adik mau ke Amerika?Tunjukkan prestasi kalian untuk memenangi lomba di ISC ini sampai juara Nasional,” ajak Bupati Karanganyar memberi semangat kepada ribuan peserta. pd