Seminar Penyusunan Buku Sejarah Desa Sangiran Dan Dayu

kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono, saat memberikan arahannya, dalam seminar, Senin (14/12/2015) di Aula SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Karanganyar,Senin 14 Desember 2015

Seminar penyusunan buku sejarah Desa Sangiran dan Dayu, yang berlangsung pada Senin (14/12/2015) di Aula SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karanganyar yang bekerja sama dengan Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI). Seminar dihadiri oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono beserta jajajrannya, Ketua MSI Komisariat Karanganyar, Kepala Bidang Kebudayaan, jajaran SKPD dan Asisten-asisten.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya seminar ini terutama untuk mengembangkan pariwisa tadi Kabupaten Karanganyar, supaya masyarakat bisat menegenal lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar.

kominfo
Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo menyampaikan arahannya dalam seminar.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karanganyar bekerja sama dengan Masyarakat Sejarawan Indonesia untuk menyusun buku tersebut dengan mengangkat judul “Sumbangan Desa Purba Dayu Karanganyar Menguak Misteri Alam”, yang berisi tentang situs kehidupan manusia purba Sangiran dan Dayu. Rencananya buku ini akan diterbitkan pada akhir Desember, jika penggarapannya sudah selesai. Dengan disusunnya buku tersebut, maka kita bisa mengetahui sejarah peradaban manusia. Serta Bapak/Ibu Kepala sekolah diharapkan untuk mengajak anak-anak sekolah untuk mengenal lebih dekat tentang sejarah manusia purba dan cinta akan sejarah.

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam arahannya mengatakan bahwa “Semoga Masyarakat Sejarawan Karanganyar setiap tahun bisa menghasilkan buku-buku yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat, kampung sejarah kita publikasikan dengan luas agar memancing reaksi publik untuk datang ke tempat wisata purba sangiran klaster dayu, supaya kampung purba menjadi obyek wisata yang di kenal di Kanca Internasional”.

Bupati juga mengatakan supaya buku tersebut bisa mendiskripsikan perkembangan kehidupan manusia yang akan datang dan berharap agar MSI juga menelusuri cagar budaya lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar agar di kenal masyarakat luas. Wakil Bupati juga menambahkan pendapatnya tentang tulisan-tulisan yang masih rancu dan perlu di perbaiki.Ft/Tt/Uum