Sosialisasi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Karanganyar 2015

kominfo
Berperilaku Hidup Sehat kunci terhindar dari AIDS : Bupati Karanganyar Juliyatmono saat menyampaikan arahan pada Seminar AIDS, Selasa (01/12/2015) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Karanganyar, Selasa 1 Desember 2015

Hari AIDS Sedunia tahun 2015 Kabupaten Karanganyar mengusung tema “Perilaku Sehat” berlangsung Selasa (01/12/2015) di Pendopo rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Dalam laporannya Sugeng Raharto, selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan laporannya bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk mengoptimalkan perlembagaan AIDS di Karanganyar dan menyatukan persepsi untuk penanggulangan penyakit menular AIDS khususnya ibu dan anak.

Sementara itu Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa “pemerintah juga mengucapkan keprihatinan yang mendalam terhadap penularan AIDS yang begitu cepat”. Inilah yang disebut dengan bencana sosial dari pola hidup tidak sehat seseorang sehingga dapat berimbas ke orang banyak.

“Virus ini cepat sekali penularannya, hubungan seks bebas merupakan penularan yang paling nampak, suami istri yang suka berganti-ganti pasangan memungkinkan penularan tersebut” ungkap Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Karanganyar, Djatmiko.

kominfo
Setialah pada pasangan hidup anda : dr. Nur Hidayat dari RSUD Karanganyar sebagai narasumber.

Kegiatan Sosialisasi HIV/AIDS tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu, Dr. Nur Hidayat, Sp.PD selaku Ketua IDI dari RSUD Karanganyar dan Fathul Munir, S.Km, M.kes kepala bidang Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Menurut penjelasan Dr. Nur Hidayat, Sp.PD Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah penyebab AIDS yang melemahkan sistem kekebalan/perlindungan tubuh. Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) merupakan kumpulan beberapa gejala akibat menurunnya kekebalan tubuh yang disebabkan virus HIV.

Pada tahun 2014, Soloraya menembus 1.212 jiwa, 376 diantaranya meninggal dunia. Mereka yang terkena virus HIV adalah orang-orang yang berusia produktif. Perempuan lebih mudah tertular HIV, akibat kerentanan biologis dan cairan yang mengandung HIV lebih lama menetap setelah berhubungan seks. Penularan HIV tersebut melalui darah (tranfusi darah), cairan sperma dan cairan vagina (hubungan seks bebas), ASI (balita dari ibu positif HIV). ad/ind/uum/ht