Peringatan Hari Jadi ke-98 Karanganyar Selesai

Konser Iwan Fals di alun-alun Karanganyar bertajuk "Lawuku Hijau dan Damai".
Konser Iwan Fals di alun-alun Karanganyar bertajuk “Lawuku Hijau dan Damai”.

Karanganyar, Kamis (03/12/2015)
Rangkaian perhelatan akbar Hari Jadi ke-98 Kabupaten Karanganyar telah usai, dengan ditandai konser Iwan Fals bertajuk “Lawuku Hijau dan Damai” di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Sabtu (28/11) malam.

Pada konser itu Iwan Fals menyanyilkan sekitar 17 lagu, seperti Pohon Untuk Kehidupan, Tanam Saram Tanam, Esek-Esek Udug Udug, Sampah, Mata Indah Bola Pingpong, Pesawat Tempur. Aku Sayang Kamu, Izinkan Aku Menyayangimu dan Langgam Lawu, sukses membuat penonton bernyanyi bersama.

Napak Tilas Perjuangan Raden Mas Said

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengadakan Napak Tilas Perjuangan Raden Mas (RM) Said yang dimulai dari Lapangan Mojoroto, Kecamatan Mojogedang hingga finis di Sapta Tirta Pablengan, Kecamatan Matesih.

Jarak yang ditempuh sekitar 18 kilometer dan dengan berjalan kaki, terbagi dalam tiga Pos, yakni Pos 1 di Kecamatan Mojogedang, Pos 2 di hutan karet Dengkeng, Pos 3 di Kantor Kepala Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan, Minggu (01/11).

Pentas Wayang Kulit

Di rangkaian acara yang lain pada pementasan wayang kulit, Kabupaten Karanganyar mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia, agar setiap tanggal 7 November ditetapkan sebagai Hari Wayang Nasional.

Peringatan pengakuan dari UNESCO itu, di Kabupaten Karanganyar dimeriahkan dengan pentas wayang kulit semalam suntuk dengan menghadirkan dua dalang, yakni Ki Manteb Sudarsono dan Ki Entus Susmono, juga sebagai Bupati Kabupaten Tegal dengan mengambil lakon Bondan Pakso Jandhu, dan 98 sinden sesuai umur Kabupaten Karanganyar,
Sabtu (07/11).

Karanganyar Solo Raya Creative Expo 2015 dikunjungi puluhan ribu penonton
Karanganyar Solo Raya Creative Expo 2015 dikunjungi puluhan ribu penonton

Karanganyar Solo Raya Creativ Expo

Selama empat hari berlangsung dari 11-14 November 2015 , Karanganyar Solo Raya Creative Expo 2015, di Alun-alun Kabupaten Karanganyar dikunjungi sebanyak 41 ribu orang.

Ziarah Leluhur

Sebelum peringatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar setiap 18 November, dilakukan terlebih dahulu ziarah ke makam-makam leluhur pendiri Kabupaten Karanganyar oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo, Forkopimda, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan Pimpinan BUMD, Jumat (13/11).

Rombongan tersebut berziarah ke makam Nyi Ageng Karang di Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar, ke makam Ronggo Panambang di Randu Songo, Tasikmadu.

Kemudian dilanjutkan ziarah ke Astana Temu Ireng, yakni makam Bupati pertama Karanganyar, Harja Asmaran. Doa juga dipanjatkan di depan Makam Mengadeg, Makam Giribangun dan Makam Girilayu, di Kecamatan Matesih.

Aksi panggung di Maha Karya Lawu tahun 2015
Aksi panggung di Maha Karya Lawu tahun 2015

Maha Karya Lawu

Untuk mengangkat dan mengenalkan seni tradisi, Pemkab Karanganyar mengadakan gelaran Maha Karya Lawu yang berlangsung selama 24 jam di terminal Tawangmangu, Minggu (15/11).

Acara diawali pada pagi hari, dengan Festival Seni Tradisional dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar dengan menampilkan kesenian lokal

Upacara Peringatan Hari Jadi Karanganyar

Tepat pada Rabu (18/11), Kabupaten Karanganyar genap berusia 98 tahun. Sebagai bentuk peringatan tersebut, Pemkab Karanganyar menggelar acara serangkaian acara.

Tari Kolosal Perjuangan Raden Mas Said di Upacara HUT ke 98 Kabupaten Karanganyar
Tari Kolosal Perjuangan Raden Mas Said di Upacara HUT ke 98 Kabupaten Karanganyar

Puncak peringatan tersebut diawali dengan pelaksanaan upacara dengan berbahasa Jawa. Tidak hanya itu, seluruh peserta upacara yang berasal dari Forkopimda, para PNS di lingkungan Pemkab setempat, serta sejumlah tamu undangan mengenakan busana Jawa. Bagi PNS laki-laki mengenakan beskap jangkep, sedangkan perempuan memakai kebaya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang telah terlibat dalam membangun antara lain Pemerintah, Masyarakat, dan Swasta dan pihak-pihak yang telah bersama-sama mendukung pembangunan di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Mobil Hias

Semarak pawai mobil hias
Semarak pawai mobil hias

Peringatan Hari Jadi ke-98 Kabupaten Karanganyar tahun 2015 juga dimeriahkan dengan Karnaval Mobil Hias dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Sekolah, BUMN, BUMD, dan Perusahaan Swasta, Senin (23/11) siang.

Sebanyak 175 mobil hias tercatat ikut karnaval dan terbagi sebanyak 88 kelompok peserta. Setiap peserta menghias mobil sedemikian rupa sehingga menarik para penonton yang memadati dari tempat start hingga finis di simpang lima Bejen.

DSC_0258
Iwan Fals melakukan aksi penghijauan di Cemoro Kandang, Tawangmangu

Iwan Fals Tanam Pohon

Musisi kawakan Iwan Fals mengajak untuk aktif menanam pohon, untuk melestarikan hutan. Ajakan tersebut disampaikan setelah musisi itu menanam pohon liwung di Taman Endemis Wukir Mahendra Gunung Lawu, di kawasan Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jumat (27/11) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.pd