Perolehan PBB Capai 98,19 Persen

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan pengarahan di Rakor PBB
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan pengarahan di Rakor PBB

Karanganyar, Kamis (26/11/2015)
Perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Karanganyar telah mencapai 98,19 persen dari target tahun 2015 sebesar Rp. 24,5 Miliar.

“Namun populasi keadaan sebenarnya STTS yang dikirmkan sekitar Rp. 28 Miliar. Artinya masih punya target sekitar Rp. 3 Miliar lagi yang ditangani sampai saat ini,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karanganyar Sumarno, Rabu (25/11) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Dari target sebesar Rp. 25 Miliar, sampai bulan November ini terdapat empat Kecamatan yang telah lunas PBB seratus persen.

“Keempat Kecamatan itu yakni Jatipuro, Jumapolo, Jumantono, dan Jenawi. Biasanya Jatiyoso, namun sampai saat ini belum lunas,” jelas Sumarno.

Dia juga menjelaskan PBB yang ada di perangkat desa, ada yang yang belum di bayar, untuk itu dipersani kembali.

Selain PBB, lanjutnya ada pencapaian pajak lain antara lain Hotel mencapai 125 persen, Rekreasi sebesar 156 persen, PPJU sebesar 102 persen, dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar 119 persen.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan agar Camat, Lurah, Kepala desa bisa agak cepat meminta ke warganya.

“Melalui Ketua RT yang aktif untuk diumumkam, kalau dipertemuan RT, bagi yang belum membayar terus diingatkan untuk segera membayar,” katanya.pd