Juliyatmono : “Sebagai Aparatur Sipil Negara Harus Profesional dan Berkompeten”

kominfo
Pengarahan Oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono Dihadapan Peserta Bimbingan Administrasi Kalurahan, Kamis (19/11)

Guna meningkatkan kinerja aparatur di tingkat Kalurahan baik pengetahuan/wawasan, sikap/perilaku, budi pekerti sebagai penanggungjawab tertib administrasi, Pemerintahan Desa Setda Karanganyar mengadakan Pembinaan Administrasi Kalurahan  Se Kabupaten Karanganyar yang diikuti 75 peserta meliputi Sekretaris Kalurahan, Seksi Pemerintahan, Seksi Trantib, Seksi Pembangunan dan Seksi Kesejahteraan Sosial.

“Harapan saya dari kegiatan Pembinaan administrasi ini , tentunya tidak lain supaya administrasi di Kalurahan tertib, baik, akurat dapat dipertanggungjawabkan dengan benar,” tutur Bupati dihadapan peserta.

“Di beberapa SKPD saya masih sering menjumpai disaat jam 12 siang, sudah sepi tidak ada orang. Padahal seorang PNS sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) itu idealnya UU ASN diharapkan sebagai Aparatur Sipil yang profesional dan berkompeten. Jabatan sebagai staff pun harus sudah diarahkan sesuai dengan kompetensi ilmunya,” jelasnya.

Bupati juga mengatakan bahwa pola kehidupan sebagai seorang PNS sebaiknya yang sederhana, jangan terlalu memaksakan diri. Dikatakan miskin dilihat dari pola perilaku hidupnya.

“Perilaku kehidupan sebagai seorang PNS harus berubah. Hiduplah sederhana, jangan terlalu memaksakan keadaan.  Karena bila dipaksakan , gaji akan habis yang  akhirnya berimbas pada menurunnya semangat kerja bahkan memunculkan rasa malas bekerja.

Pada 2013 kemarin angka kemiskinan mencapai 14 persen lebih dan tahun 2014 sudah menurun. Angka kemiskinan bukan data orang per orang  melainkan itu merupakan angka abstrak. Berdasarkan penelitian yang dikatakan “miskin” ternyata dari pola perilakunya.

Maka untuk itu sebagai kader ASN yang profesional harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Bekerjalah dengan niat untuk beribadah, bergairah dan bersemangat. Niati dengan baik, karena kebaikan itu akan kembali kepada diri kita sehingga menjadikan berkah semuanya,” pesan Bupati saat membuka kegiatan Pembinaan Administrasi, Kamis (19/11) Graha Pindusita Agro Sondokoro, Tasikmadu Karanganyar.

Pada kegiatan tersebut disampaikan materi tentang Pengawasan, administrasi Kalurahan, Disiplin PNS dan Peraturan Perundang undangan. Ad/ind