Peserta Khitan Membludak

kominfo

Bupati Karanganyar Juliyatmono Menyerahkan Alat Sekolah Kepada Peserta Khitan Yang Diselenggarakan Oleh Pemkab Karanganyar Bersama Baznas Karanganyar, Jumat (13/11)

kominfo

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo Bersama Dandim 0727 Karanganyar Saat Melihat Proses Khitan dilakukan Tim Medis

Masih dalam rangka kegiatan menyambut Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke-98, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karanganyar menggelar khitan massal, Jum’at pagi (13/11/2015) di Aula Masjid Agung Karanganyar. Hadir Bupati Karanganyar, Wakil Bupati, Forkompinda serta jajaran SKPD Karanganyar.

Membludaknya peserta khitan yang mencapai jumlah 500 lebih anak. Membuat tim medis kewalahan. Karena jauh lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya sehingga Panitia membagi dalam dua gelombang. Untuk gelombang pertama khitan dilakukan hari ini Jum’at pagi (14/11/2015) untuk 256 anak. Sedangkan selebihnya sekitar 300 anak, akan mengikuti khitan pada Tanggal 22 Desember 2015 besok, pada akhir semester sekaligus bertepatan Peringatan Hari Ibu.

 Adapun tim medis yang menangani meliputi tim dari RSUD Karanganyar, PKU Muhammadiyah Karanganyar, Puskesmas dan PPNI (persatuan Perawat Nasional Indonesia).

Sementara itu, Bupati Karanganyar  Juliyatmono dalam sambutannya mengatakan bahwa khitan ini dilakukan selain wajib hukumnya bagi laki-laki juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

“ Semoga dengan khitan ini membawa kebarokahan kepada kita semua, utamanya anak-anak kita yang memang sudah siap dikhitan. Tujuannya agar bersih dan sehat,” tutur Bupati dihadapan para peserta khitan yang rata-rata anak-anak kelas II dan III sekolah dasar  dari 17 Kecamatan se Karanganyar.

Tim medis menggunakan tiga metode khitan. Yakni dengan cara konvesional, laser atau ring. ind/ad/ft