Dua Kecamatan Bebas BABS

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kategori Klinik Pratama Tingkat Provinsi Jawa Tengah yakni Klinik Giya Husada I, kepada dr Hadiasri Widyasari Rohadi Widodo

Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan penghargaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kategori Klinik Pratama Tingkat Provinsi Jawa Tengah yakni Klinik Griya Husada I, kepada dr Hadiasri Widyasari Rohadi Widodo

Karanganyar, Kamis (12/11/2015)
Dua kecamatan di Kabupaten Karanganyar dinyatakan bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) 100 persen, yakni Kecamatan Jumapolo dan Jatipuro.

“Kedua kecamatan tersebut telah berhasil mengubah perilaku hidup sehat masyarakat, yang dulu masih buang air besar sembarangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar Cucuk Heri Kusumo, Kamis (12/11) pagi.

Untuk mengubah perilaku masyarakat setempat, butuh waktu yang cukup lama sekitar tiga tahun dengan komitmen bersama. Menyusul pada akhir tahun ini, Kecamatan Tasikmadu, Jumantono, Jenawi, dan Matesih bisa BABS.

“Saat ini, keberhasilan bebas buang air besar bukan di ukur adanya jamban di setiap rumah warga. Namun kemauan warga untuk BAB di jamban sehat,” katanya.

Pada acara Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kabupaten Karanganyar, yang dipusatkan di lapangan Jumapolo, Bupati Karanganyar Juliyatmono menyerahkan penghargaan itu kepada Camat Jumapolo Bambang Djatmiko, dan Camat Jatipuro Moh Suparwoto.

Di kesempatan tersebut, Bupati Juliyatmono membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini, sungguh dapat menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat di seluruh negeri agar bangkit dan mulai meninggalkan cara menjaga kesehatan yang bersifat kuratif, menuju semangat preventif dan promotif.

“Pesan utama adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri, menjaga keluarga, dan menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit,” kata Bupati.

Selanjutnya, di rangkaian acara tersebut, diserahkan 32 trofi dan hadiah bagi para pemenang lomba rangkaian HKN tahun 2015 oleh Forkopimda Karanganyar.

Diantaranya, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kategori Klinik Pratama Tingkat Provinsi Jawa Tengah yakni Klinik Griya Husada I, Desa Terbaik PHBS Tatanan Rumah tangga Tingkat Provinsi Jawa Tengah, yakni Desa Jatiwarno Kecamatan Jatipuro.pd