20 KK Terima Bantuan Korban Bencana

Karanganyar, Kamis 12 Nopember 2015
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Kamis (12/11/2015) bertempat di ruang Podang Kantor Setda Karanganyar pada pemberian bantuan sosial dan keuangan bagi korban bencana khususnya di wilayah Karanganyar pada bulan kejadian Mei sampai dengan September Tahun 2015.
“ Dasar pemberian bantuan adalah bencana alam yang terjadi pada bulan Mei sampai dengan September Tahun 2015 merupakan bantuan tahap III yang sebelumnya telah disampaikan pada bulan Februari ( tahap I), Agustus ( Tahap II) dan November ini (tahap III). Harapan kami, setelah November tidak ada bantuan lagi dalam artian ini merupakan bantuan yang tersisa, karena kita berharap Desember jangan ada bencana di Kabupaten Karanganyar,” jelas Nugroho selaku Kepala BPBD Karanganyar saat menyampaikan laporannya.
Ia juga memaparkan ada tiga kategori yang akan diberikan bantuan dengan total penerimaan bantuan sebesar Rp.39.000.000,-.
“Para korban bencana alam tanah longsor, angin putting beliung, kebakaran maupun banjir sejumlah 20 KK dengan jumlah penerimaan Rp. 39 juta yang terdiri dari tiga kategori, diantaranya : Kategori rumah rusak ringan sebesar @Rp. 750.000,- ( ada 6 KK), Kategori rumah rusak sedang sebesar @ Rp. 1.500.000,- (ada 5 KK), Kategori rumah rusak berat @ Rp. 3.000.000,- ( ada 9 KK).
Domisili terdiri dari 11 Kecamatan dengan total keseluruhan 20 KK yakni Kecamatan Tawangmangu (2 KK), Matesih (2 KK), jaten (3 KK), Karangpandan (1 KK), Tasikmadu (3 KK), Ngargoyoso (1 KK), Karanganyar (3 KK), Gondangrejo (1 KK), Kebakramat (2 KK), Colomadu (1 KK), Jumapolo (1 KK).
“ Diharapkan dengan adanya pemberian bantuan ini dapat memberikan semangat untuk kembali mandiri sekaligus mewujudkan perhatian dari Pemerintah untuk mengurangi beban kepada masyarakat yang terkena bencana,” imbuhnya.
Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono yang didampingi Wakil Bupati Rohadio Widodo saat menyampaikan arahannya mengatakan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah sebagai bukti kepedulian.
“ Adanya bantuan ini tidak langsung serta merta didapat karena harus melalui proses tertib administrasi, harus di cek dulu, di data yang rusak dan penyebab kerusakannya. Maka untuk itu, semoga bantuan yang hari ini akan diberikan dapat meringankan beban. Meskipun sedikit, semoga dapat mencukupi dan keluarga selalu diberikan kesehatan dan saya himbau untuk selalu berhati-hati, karena penyebab kerusakan bukan hanya musibah tetapi dari kelalaian manusia/human erorr” tutur Bupati dihadapan para penerima bantuan.

DSC_0018
Selanjutnya pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan kepada 20 korban bencana alam oleh Bupati Karanganyar. ind/ft